Disdukcapil Denpasar Layani Optimal Legalisasi KK Siswa

     Denpasar, jurnalsumatra.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Denpasar, Bali, secara optimal tetap memberikan pelayanan legalisasi kartu keluarga para siswa untuk melengkapi persyaratan pendaftaran SMA dan SMK selama libur Lebaran 2018
“Kami secara optimal memberi pelayanan kepada masyarakat, meski dalam suasana cuti bersama, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor : 061/516/Org pelayanan publik yang ditangani Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Denpasar,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Denpasar Anak Agung Istri Agung di Denpasar, Rabu.
Ia mengatakan pelayanan kepada masyarakat saat cuti bersama jadwalnya disesuaikan, mulai pukul 08.00 hingga 12.00 Wita. Begitu juga pelayanan publik lainnya, yakni puskesmas dan RSUD Wangaya Denpasar tetap buka selama cuti bersama itu.
“Kami tetap memberikan pelayanan yang optimal, khususnya bagi para siswa SMA dan SMK yang akan melengkapi pendaftaran dengan legalisir kartu KK, bahkan kami akan tetap melayani hingga tuntas,” ujarnya.
Pihaknya sudah melakukan langkah optimal untuk memberikan pelayanan legalisasi KK, sesuai dengan surat edaran cuti bersama tersebut.

     Dalam upaya mengurangi antrean panjang, pihaknya juga mengeluarkan kebijakan bahwa layanan masyarakat, khususnya terkait dengan legalisasi KK akan dilakukan secara optimal meskipun lepas dari pukul 12.00 Wita.
“Langkah kami tersebut diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan melakukan legalisir kartu KK,” ujarnya.
Terkait dengan pelayanan publik di Kota Denpasar pada tingkat kecamatan, khususnya pengambilan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) dan kartu identitas anak (KIA) tetap memberikan pelayanan dengan baik.
“Kami selalu memantau pelaksanaan pelayanan, meskipun dalam kondisi cuti bersama, namun segala bentuk pelayanan khususnya pengambilan KTP-e dan KIA akan tetap dilayani,” kata Camat Denpasar Barat Anak Agung Ngurah Made Wijaya.
Ia mengatakan pelayanan tersebut tetap mengacu pada surat edaran yang sudah diberikan ke setiap OPD Pemkot Denpasar.
Seorang warga setempat,  I Komang Nata, mengakui bahwa pelayanan yang optimal diberikan pemerintah kepada masyarakat setempat saat libur panjang Lebaran 2018.
“Terlepas dari antrean yang terlihat panjang, namun saya bersyukur persyaratan sekolah bisa terpenuhi meskipun berhimpitan dengan hari cuti bersama,” ucapnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 5 =