DISDUKCAPIL Terapkan Data Kependudukan Bebrasis E-Bisa

    Kupang, jurnalsumatra.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur menerapkan sistem pendataan kependudukan berbasis online dengan aplikasi e-Bisa.
“Sistem ini akan memberi kemudahan kepada seluruh warga untuk mengakses semua sistem kependudukan pada smartphone yang dimiliki,” kata Kepala Dukcapil Kota Kupang David Marts Mangi di Kupang, Kamis.
Menurut dia, sistem aplikasi berbasis e-Bisa ini akan memuat sejumlah aplikasi kebutuhan data kependudukan, baik yang berkaitan dengan syarat maupun formulirnya.
Dengan sistem e-Bisa, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Dinas Dukcapil untuk mengecek syarat pembuatan e-KTP, akta kelahiran dan pernikahan.
Ia mengatakan dalam sistem aplikasi e-Bisa ini, terdapat juga unduhan berbasis PDF untuk seluruh formulir yang dibutuhkan dalam urusan data kependudukan serta dapat memantau langsung pembuatan e-KTP.
Ia menjelaskan aplikasi e-Bisa merupakan akronim dari Briliant, Inovatif, Speed dan Akuntabel itu masih menumpang hosting pada situs www.semoga.aplikasi54.net.
Ia berharap dengan diluncurkan aplikasi e-Bisa, dapat mendukung semangat dan cita-cita daerah ini menjadi kota cerdas dengan pemanfaatan informasi teknologi menjadi sentra layanan kemasyarakatan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − six =