Dishub Koordinasi Instansi Terkait Amankan Jalur Mudik

    Palu, jurnalsumatra.com – Jajaran Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait guna mengamankan dan kelancaran arus mudik Natal dan Tahun Baru di daerah itu.
“Ini sudah rutin dilakukan baik angkutan Lebaran, Natal dan Tahun Baru,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sulteng, Abdul Haris Renggah di Palu, Senin.
Ia mengatakan ada beberapa jalur mudik yang bakal ramai dilewati bis-bis angkutan mudik Natal dan Tahun Baru dalam wilayah Sulteng.
Dari beberapa ruas jalan yang akan dilewati bis angkutan mudik, paling ramai, sekaligus rawan kecelakaan dan bencana tanah longsor yakni poros jalan nasional Taweli-Toboli.
Jalur tersebut saban hari ramai dilewati kendaraan dari berbagai kota di dalam maupun luar Sulteng menuju Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.
Karena itu, jalan  yang selama ini dikenal jalur “Kebun Kopi” mendapat perhatian pemerintah sehingga perlu mendapatkan penanganan dan perhatian karena selain ramai, juga rawan kecelakaan juga bencana alam longsor.
Selain di sisi kiri tebing dan jurang yang sangat dalam hingga mencapai 100 meter, kondisi tanahnya labil sehingga mudah longsor pada musim hujan.
Pihaknya tentu berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga untuk mengamankan jalur tersebut.
Seperti pada saat mudik Lebaran, pihak PU Bina Marga selalu menempatkan sejumlah alat beras pada poros Taweli-Toboli sepanjang sekitar 47 km itu.
Dengan begitu, bila badan jalan tertimbun longsor, segera dapat dibersihkan dan tidak menghambat arus lalulintas kendaraan yang melintasi jalur itu.(anjas)

Leave a Reply