Diskes Terus Upayakan Papua Bebas Malaria

     Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Provinsi Papua hingga saat ini terus mengupayakan daerah setempat terbebas dari penyakit malaria dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setempat.
“Ini komitmen yang kuat dari kita Dinkes Provinsi Papua bahwa dalam menyongsong PON XX nanti Papua harus bebas malaria,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis AIDS, TB, dan Malaria (ATM) Dinas Kesehatan Papua Beeri I.S. Wopari di Jayapura, Rabu.
Dinkes Papua mendorong tahapan pertama provinsi itu menuju eliminiasi malaria, saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX/2020 di daerah itu.
Ia menjelaskan upaya mewujudkan eliminiasi malaria di daerah itu sudah berlangsung sejak empat tahun lalu melalui kerja sama pihaknya dengan Dinkes kabupaten dan kota.

“Dan memang ini sudah berproses sudah sekitar empat tahun lalu, cuma dengan segala keterbatasan yang ada maka kami terus berupaya untuk meminta dukungan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” katanya.
Menurut dia, bertepatan dengan daerah setempat sebagai tuan rumah PON XX/2020, hal itu bisa bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan tahapan pertama eliminasi malaria dengan sasaran pada 2028.
“Sehingga segala upaya eliminasi kita galakkan untuk tahap pertama, yakni pada PON nanti,” ujarnya.
Dia mengatakan berbagai upaya dan kebijakan sudah dilakukan di antaranya pelatihan-pelatihan teknis terkait dengan penanganan malaria bagi Dinkes kabupaten/kota maupun puskesmas dan rumah sakit.
“Jadi tidak hanya spesifik untuk PON saja tetapi sesungguhnya Papua bebas malaria,” katanya.
Ia mengatakan kalau program tersebut dilakukan bersamaan dengan PON XX, akan lebih memacu Dinas Kesehatan mempercepat proses Papua tereliminasi dari malaria pada 2028.  (anjas)

Leave a Reply