Diskominfo Babel Bentuk Kampung Radio Tangkal Hoaks

     Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun kampung radio, guna menangkal berita bohong “hoaks” yang merugikan masyarakat dan pemerintah daerah itu.
“Kami akan bergerak cepat untuk merealisasikan kampung radio ini, untuk mengaktualisasikan program pemerintah daerah secara efektif dan efisien,” kata Kepala Diskominfo Provinsi Kepulauan Babel Sudarman di Pangkalpinang, Rabu.
Ia mengatakan untuk menyuseskan program kampung radio ini, pihaknya bekerja sama dengan RRI dan perusahaan BUMN, perbankan dan provider lainnya sehingga masyarakat mendapatkan informasi kebijakan, edukasi dan program pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia masyarakat daerah ini.

“Saat ini tim gabungan Diskominfo dengan RRI sedang menyurvei kelurahan dan desa sebagai calon kampung radio dan diharapkan sudah terealisasi tahun ini,” ujarnya.
Menurut dia kampung radio dapat menangkal berita hoax dan juga akan meningkatkan peran masyarakat dalam pembangunan, meningkatkan ketahanan informasi, serta mengaktualisasikan program pemerintah daerah secara efektif dan efisien.
“Kami akan meluncurkan kampung radio Bangka Belitung secara nasional, sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam menangkal berita hoaks,” katanya.
Kepala Stasiun RRI Sungailiat, Harianto menambahkan pembentukan kampung radio merupakan langkah strategis untuk menyampaikan informasi secara luas kepada masyarakat.
“Kami berharap akan terbentuk komunitas masyarakat di kampung tersebut yang memiliki potensi menjadi opinion leader, agen perubahan dan memiliki tim kreatif,” ujarnya. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 4 =