Diskominfo Gelar Pertemuan Dengan PN Lahat


Lahat, jurnalsumatra.com – Bertempat diruangan Pengadilan Negeri (PN) Lahat, Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lahat H. Drs. Agustiar Effendi, MSi diwakili Kabid Pelayanan Publik dan Media Diskominfo Kabupaten Lahat Gusyerli Maisir, SE. MM beserta Rombongan melakukan pertemuan dengan Ketua Pengadilan Negeri Lahat Yoga Dwi Ariastomo Nugroho,SH.MH, yang diwakili Waka Pengadilan Negeri Lahat Jimmy Maruli,  SH. MH.

Acara tersebut, digelar pada Selasa (16/7/2019) sekitar pukul 08.30 WIB. Dalam pertemuan dua institusi itu, bertujuan untuk membahas Sosialisasi tentang Aplikasi E-ra Terang yang diluncurkan oleh Mahkamah Agung RI.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Lahat, Jimmy Maruli menyampaikan, program aplikasi yang diluncurkan oleh MA RI ini tentang E-raterang yang diperuntukan agar masyarakat lebih mudah dalam mengurus surat yang berhubungan dengan kantor Pengadilan Negeri (PN) Lahat.

“Program Eraterang merupakan suatu Aplikasi Online yang dibuat untuk memberikan layanan dalam mengajukan permohonan surat keterangan di Pengadilan Negeri secara eletronik melalui perangkat Ponsel atau Komputer dan jaringan Internet,” tegas Jimmy.

Ia mengatakan, jadi dengan adanya program aplikasi Eraterang Online ini, tujuannya, pemohon tidak perlu datang dan ngantri ke Pengadilan lagi untuk mengajukan permohonan, cukup mengisi formulir elektronik serta melengkapi data dalam waktu maksimal 1 x 24 jam.

“Bisa diakses melalui telp genggam, komputer melalui jaringan internet. Jadi kami nilai program aplikasi yang diluncurkan MA RI ini tujuan mempermuda bagi masyarakat untuk mengajukan permohonan surat keterangan disertai dengan membawa persyaratannya,” pungkas Jimmy.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Lahat, H.Drs Agustiar Effendi MSi melalui Kabid Pelayanan Publik dan Media Gursely Meisier menegaskan, dengan dikeluarkannya program aplikasi oleh Mahkamah Agung (MA RI) ini, pihaknya menyambut baik.

Setidaknya, kata Gursely Meisier, aplikasi bersifat online melalui kantor Pengadilan Negeri (PN) Lahat, Diskominfo Kabupaten Lahat siap dan akan turut mensosialisasikan program tersebut, agar mempermudah masyarakat dalam berurusan dan efisien serta dapat mempersingkat waktu untuk mendapatkan surat dari PN Kabupaten Lahat.

“Sehingga, tidak perlu repot repot lagi datang dalam berurusan surat dari kantor Pengadilan Negeri (PN) Lahat. Kami sangat menyambut baik kehadiran aplikasi dari kantor PN Lahat tentang Era-Terang. Jadi, kalau masyarakat yang jauh jauh seperti dari Pelosok Desa ataupun diluar Kabupaten Lahat seperti Kabupaten Empat Lawang,” ujarnya lugas.

Biasanya, sambung Gursely Meisier, surat surat hendak dibuat masyarakat seperti pencalonan Kades, BPD, serta Perangkat Desa dan calon Legislatif, dan pencalonan Bupati/wakil Bupati. Karena, kalau ditahun sebelumnya ketika hendak pencalonan diwajibkan masyarakat tersebut ada memegang surat keterangan dari Pengadilan Neger (PN) Lahat, “Isi Surat Keterangan Tidak Pernah Dihukum”.

“Dan, untuk mendapatkan surat itu, kita terkadang harus mengantre. Nah, dengan diluncurkannya program aplikasi online dari MA RI melalui PN Lahat bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengakses aplikasi tersebut, dalam pembuatan surat. Jadi, sekarang tidak lagi harus antre dan mendatangi kekantor PN Lahat cukup membuka aplikasi Era – Terang yang telah disediakan. Namun, yang berkepentingan harus memiliki Email dengan mengisi kata Sandi,” tukasnya. (Din)