Diskopindag Bantu Kembangkan Usaha Masyarakat

    Kuantan Singingi, jurnalsumatra.com – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskopindag) Kabupaten Kuantan Singingi, Provnsi Riau, memberikan bantuan perkembangan usaha masyarakat di daerah tersebut sebagai penopang ekonomi.
“Kami optimalkan kegiatan kepedulian kepada usaha masyarakat, baik promosi, maupun Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Kepala Diskopindag Kuansing Tarmis di Teluk Kuantan, Jumat.
Ia mengatakan, masyarakat yang ingin membuat usaha dipermudah perizinan oleh pemerintah, hasil produksi Usaha Kecil Menengah (UKM) dibantu dipromosikan, begitu juga dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga ekonomi masyarakat tumbuh dengan baik.
Pemerintah akan turun langsung memantau dan memberikan dukungan terhadap usaha yang dilakukan oleh UKM, memberikan bimbingan teknis manajemen agar pengelolaan usaha dapat berjalan lancar dan terus berkembang.

     Menurutnya, produk unggulan UKM Kuantan Singingi berjumlah 21 macam, 14 produk makanan dan tujuh macam produk kerajinan dan semua itu sudah dikenala luas dan terjamin kualitasnya, selain harga sangat terjangkau.
Pemilik UKM memproduksi usaha di antaranya gelamai, wajik takiak, kue pita, dodol tapai, madu, agar-agar kering, kerupuk tempe, kerupuk makaroni, kerupuk sagu, kerupuk kulit, gula aren, wajik lopur dan kare-kare, kerupuk ubi serta tenun atau songket.
“Selain itu adanya juga kain batik motif Kuansing, miniatur jalur, kerajinan bambu, kopiah atau peci, kerajinan kayu dan gantungan kunci,” terangya.
Upaya lain yang akan dilakukan untuk memajukan dan mengenalkan hasil UKM Kuansing, yakni mengikuti acara ivent-event besar atau expo, seperti Batam Expo, Pekanbaru Axpo, bahkan pernah mengikuti acara secara nasional dan produk hasil kerajinan warga dijadikan oleh – oleh buat tamu Kuansing.
“Kami berharap semua pelaku, pemilik modal UKM terus berinovasi produk dan pertahankan kualitas,” pinta Tarmis.(anjas)

Leave a Reply