Disnakertrans Kulon Progo Selenggarakan Pelatihan Kerja Gratis

    Kulon Progo, jurnalsumatra.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tahun 2018 ini akan menyelenggarakan pelatihan gratis bagi masyarakat, guna memberikan keterampilan dan mengurangi pengangguran di wilayah itu.
“Sasaran dari pelatihan tersebut adalah masyarakat umum daerah kita usia 18 tahun ke atas dengan pendidikan minimal SMA/SMK,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo Eko Wisnu Wardana di Kulon Progo, Jumat.
Ia mengatakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melalui UPT Balai Latihan Kerja akan menyelenggarakan pelatihan sebanyak 17 paket dengan jumlah perserta 272 orang.
Pelatihan kerja meliputi las industri dua paket, desain grafis empat paket, tata boga empat paket, bahasa inggris dua paket, office tools dua paket, teknik pendinginan satu paket, pertukangan kayu dan mebelair satu paket, dan cleaning servise satu paket, menggunakan dana APBD.

“Tahun ini, pelatihan desain grafis, tata boga, pertukangan kayu dan mebelair dikhususkan untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Kokap,” katanya.
Ia mengatakan pendaftaran sudah di mulai sejak awal Januari, bagi masyarakat Kulon Progo yang berminat untuk mendaftar, dapat datang langsung ke BLK di Jalan Sugiman nomor 3 Wates atau telepon di nomor (0274) 774639.
“Adanya pelatihan tersebut, semoga dapat menjadikan masyarakat Kulon Progo lebih berkompeten dan mempunyai daya saing, baik untuk bekerja formal maupun informal atau wirausaha,” harapnya.
Kepala Sub Bagian TU BLK Kulon Progo Siti Kartini mengatakan lama pelatihan bervariasi tergantung jenis pelatihan yang diambil, untuk pelatihan las industri selama 24 hari, desain grafis selama 24 hari, tata boga selama 64 hari, bahasa Inggris selama 32 hari, office tools selama 32 hari, teknik pendinginan selama 16 hari, pertukangan kayu dan mebelair selama 16 hari dan cleaning servise selama 16 hari.
“Tujuan pelatihan ini bagaimana pekerja produktif memiliki keterampilan dan mandiri membuka usaha,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + four =