DISPERINDAG Biak Bangun Pasar Kualifikasi SNI

Biak, jurnalsumatra.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor, Papua, membangun fasilitas fisik pasar yang berkualifikasi Standar Nasional Indonesia di Pasar Darfuar Distrik Samofa.
“Pasar berstandar SNI yang dibangun harus memiliki ruang khusus tempat menyusui anak dan berlantai dua dengan 12 kios diharapkan rampung pada akhir 2017,” ungkap Kepala Disperindag Biak Widiarto MPA di Biak, Jumat.
Pembangunan pasar berstandar SNI dilakukan Pemkab Biak Numfor dengan dukungan anggaran tugas perbantuan APBN perubahan Rp6 miliar mulai dari perencanaan, pengawasan, hingga pekerjaan fisik.
Struktur bangunan pasar yang dibangun, menurut Widiarto, sesuai desain menggunakan rangka baja dan dua lantai dibangun di lahan seluas 1.700 meter persegi.
“Dari monitoring kami di lapangan pekerjaan fisik pembangunan Pasar Darfuar sedang dalam tahap perampungan, saya optimistis sebelum menyambut hari besar keagamaan Natal 25 Desember pasar sudah selesai dikerjakan,” ungkap Widiarto.
Menyinggung penempatan penghuni kios pasar yang dibangun, menurut Widiarto, merupakan kewenangan pemerintah yang dikelola manajemen pasar setempat.
“Disperindag sebagai organisasi perangkat daerah Pemkab Biak Numfor akan menargetkan pekerjaan fisik pasar berkualifikasi SNI dapat selesai sesuai kontrak kerja,” katanya.
Disperindag Biak pada 2017 telah merampungkan pembangunan pasar ikan di Kelurahan Fandoi dan Pasar Inpres di Kelurahan Wafnor Distrik Biak Kota.
Pasar tersebut saat ini sudah difungsikan pedagang mama mama asli Papua untuk berjualan sayur mayur, keladi, singkong, lauk pauk, buah pinang sirih dan beragam kuliner lainnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 11 =