Disperkim Ternate Bangun Rusunawa

    Ternate, jurnalsumatra.com – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkim) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menuntaskan pembangunan Rumah Susun Warga (Rusunawa) di Kelurahan Gamalama.
“Saat ini, sudah terisi sebanyak 47 Kepala Keluarga (KK) dan disiapkan fasilitas yang disiapkan, namun, kekurangan di Rusunawa hanyalah pagar keliling,” kata Kadis Perkim Kota Ternate, Rizal Marsaoly di Ternate, Sabtu.
Dia mengatakan, Rusunawa yang ada di Kelurahan Gamalama Semuanya terisi sebanyak 47 KK dan sudah siapkan fasilitas didalamnya, hanya saja pagar keliling yang belum dilakukan, maka dari itu, akan dilakukan koordinasi dengan TAPBD agar bisa memasang CCTV dan pagar keliling.
“Pagar yang nanti dibuat itu harus mencapai Rp300 juta dan itu diusulkan tahun depan karena tahun ini diusulkan tapi tidak diakomodir,” katanya.
Dia mengatakan, untuk pembayarannya tidak di patok sesuai dengan Hotel dan Parkiran, tagihannya harus standar seperti lantai satu harus dibayar Rp700 Ribu, lantai 2 Rp600 ribu dan lantai III dengan harga Rp500 ribu semuanya sudah terpenuhi.
Apalagi masyarakat yang sudah menduduki rusunawa sangat luar biasa menjaga kebersihan, hanya saja ketentuan di sana tidak bisa miras, main judi, dan PSK dan kalau kedapatan berarti akan diberhentikan kontraknya dan diusir secara paksa, karena mengganggu penghuni yang lain.

     Dia menambahkan, pembangunan Rusunawa ini juga bakal ubah perumahan kepada warga karena berada di sekitar kawasan kumuh di Kelurahan Makasar Timur .
Rizal mengatakan, Kampung Makasar Timur menjadi kawasan prioritas di tahun 2019 untuk dilakukan pembenahan infrastruktur menggunakan dana APBN.
Namun, masyarakat harus bersabar, dan jangan melakukan rumah di sekitarnya karena rumah yang dibuat itu bertempat di lokasi tersebut.
“Kalau dibilang harus berupaya dan pemkot sudah berupaya sampai dapat DD-nya sudah ada pengatasan juga sudah ada tinggal  berapa Kepala Keluarga (KK) yang ada di kawasan kumuh itu untuk bersabar,” ungkapnya.
Bahkan, dalam daftar KK yang diambil dari pihak kelurahan tercatat sebanyak 44 KK yang berada di kelurahan Makassar Timur, olehnya itu, di tahun 2019 mendatang akan di tata sebagus mungkin untuk warga setempat.
Penataan yang akan dilakukan, kata Rizal, sesuai dengan harapan yang ada di kelurahan tersebut, karena akan dilakukan dari beberapa sisi yang harus diselesaikan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − two =