Dispora Adakan Kegiatan Pelatihan Peninggkatan Mutu Organisasi Pemuda

Tanahdatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Dinas Pemuda dan olahraga Provinsi (Dispora) Sumatera Barat mengadakan kegiatan  pelatihan peningkatan mutu organisasi pemuda tahun 2019 dengan tema “Melalui pelatihan peningkatan mutu organisasi pemuda, kita wujudkan organisasi pemuda yang maju, mandiri dan profesional.”

Kegiatan ini dilaksanakan Pada hari Rabu (16/10/2019) pukul 14.00 wib bertempat di Hotel Emersia Batusangkar Jalan  Hamka Jorong Parak Juar Nagari Baringin Kecamayan Lima kaum Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Angkatan I di Kabupaten Tanah Datar yang di mulai tanggal (15/10/2019). Sebagai Narasumber Kasdim 0307/TD Mayor Inf Munawar.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Dandim 0307/TD yang diwakili oleh Kasdim Mayor inf Munawar sebagai Narasumber, Dispora propinsi, Kabid pengembangan pemuda prov sumbar Edward Syahramli, Junaidi Sataf, Ibu yosi Kamelia Kasi organisasi pemuda, Suardi Sataf organisasi pemuda, Ibu reni Yosepa Sataf organisasi, Para peserta pelatihan hadir kurang lebih 40 orang.

Dalam kegiatan ini  materi yang di sampaikan oleh nara sumber adalah, 

Nilai kesamaan di mata hukum, Alat pemersatu bangsa.

Dasar negara Pancasila – bendera merah putih – bahasa Indonesia – Lambang negara burung Garuda – lagu kebangsaan Indonesia raya – pahlawan Nasional – UUD 1945 – teks proklamasi.

Kebhinekaan sebagai sebuah pemersatu bangsa – Kebhinekaan mata pencaharian

– Kebhinekaan ras – Kebhinekaan suku bangsa – Kebhinekaan agama – Kebhinekaan budaya – Gender/jenis kelamin. 

Dandim 0307/TD Melalui Kasdim Mayor Inf Munawar menyimpulkan, 

Indonesia adalah negara kesatuan yang penuh dengan keberagaman. Indonesia terdiri atas beranekaragam budaya, bahasa, ras, agama, suku bangsa, kepercayaan dan lain-lain. Yang dipersatukan dengan semboyan bangsa Indonesia, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Maksudnya walaupun kita berbeda, tetaplah kita sebangsa dan tidak boleh membeda-bedakan, baik budaya, bahasa, ras, agama, suku, kepercayaan dan warna kulitnya. Bagi bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika merupakan kalimat pengikat atau pemersatu. Agar masyarakat utuh dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara yang bersatu tidak mudah terpecah belah serta kokoh dalam menghadapi ancaman.

Pukul 15.30 wib kegiatan pelatihan peningkatan mutu organisasi pemuda tahun 2019 selesai,selama kegiatan berlangsung berjalan tertib lancar dan aman.(Myt)