Dispora Ternate Siapkan Gelanggang Olah Raga

     Ternate, jurnalsumatra.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyiapkan pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) secara bertahap dengan dana APBD Kota Ternate senilai Rp4 miliar.
“Untuk tahap pertama, GOR atau pusat Sport Center Kota Ternate ini dibangun dengan syistim ruang tertutup dengan konstruksii beton yang bundar mengelilingi lapangan, dan ditangani Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Ternate 2017 di lapangan Ubo-Ubo,”kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Ternate Sukarjan Hirto di Ternate, Senin.
Oleh karena  itu, pihaknya sudah melakukan rapat dengan pemerintah kelurahan dan masyarakat, tujuannya untuk proses lahan lapangan ubo-ubo tersebut seperti apa.
Sedangkan, terkait permasalahan lahan milik Polda Maluku Utara, kata Sukarjan, sementara lagi koordinasi dengan pihak kelurahan dan Polda Malut.
“Kami sudah kantongi surat hibah secara resmi dari Keluarahan atas nama masyarakat yang menghibahkan ke Pemkot karena mengingat lokasi tersebut akan dibangun pusat gelanggang olah raga atau sport Center,ż katanya.

Sebelumnya, Dispora berenana akan melanjutkan pembangunan tribun Lapangan Gelora Kie Raha Ternate pada tahun 2018 mendatang melalui APBN.
“Sebab pengajuan anggaran 2017 terealisasi, sehingga kita harus menunggu hingga bulan Agustus tetapi kalau Bulan Agustus juga anggaran belum muncul maka semua kegiatan fisik di kementerian itu semua difokus pada 2018 mendatang kecuali Jawa Timur,” katanya.
Dia menambahkan, untuk APBD Kota Ternate pada tahun 2017, kata Sukarjan tidak ada anggaran jadi difokuskan di APBN dan mengharapkan adanya dukungan dana melalui APBN untuk pembangunan lanjutan Gelora Kie Raha, maka kita berupaya agar 2018 bisa dipastikan ditayang,ż kata Sukarjan.
Sebelumnya, Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman meminta dukungan Kementerian Pemuda dan Olah Raga untuk membangun Gelanggang Olahraga (GOR) Gelora Kieraha ternate dengan anggaran sebesar Rp75 miliar untuk digunakan dalam pengembangan prestasi atlit di Malut.
Pemkot Ternate sendiri menjadikan Gelora Kieraha sebagai salah satu fasilitas untuk pengembangan atlit berprestasi, namun masih terkendala minimnya fasilitas pendukung lainnya. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 9 =