Disporapar : Sektor Olahraga Belum Bisa Sumbang PAD

     Mukomuko,jurnalsumatra.com – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan hingga kini sektor olahraga di daerah itu belum bisa memberikan  sumbangan terhadap pendapatan asli daerah setempat.
“Karena selama ini pemerintah setempat belum memiliki sarana dan prasarana olahraga sendiri sehingga tidak ada objek yang bisa disewakan untuk pendapatan asli daerah,” kata Kabid Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Sutrisna Imam Sentosa di Mukomuko, Jumat.
Kendati demikian, katanya, pemerintah daerah setempat setiap tahun tetap menetapkan target PAD dari sektor olahraga. Target pendapatan asli daerah dari retribusi sarana olahraga tahun 2017 sebesar Rp5 juta, kemudian tahun ini sebesar Rp2 juta.

Ia menyatakan, pihaknya mempertanyakan dasar Badan Keuangan Daerah setempat membuat target PAD dari sektor olahraga. Selain itu bagaimana cara mereka menghitungnya sehingga ada angka sebesar Rp5 juta dan Rp2 juta.
Padahal, katanya, sampai sekarang belum ada sarana dan prasarana olahraga yang ada di daerah itu yang menjadi milik pemerintah daerah setempat.
“Kalau memang pasti ada sarana olahraga kami bisa memungut retribusi dari sewa penggunaan sarana olahraga, tetapi sarana olahrganya yang tidak ada,” ujarnya.
Ia mengatakan, seharusnya pemerintah daerah setempat menetapkan sarana dan prasarana olahraga milik pemerintah, kemudian sarana itu dimutasikan ke instansinya sebagai pengelolanya.
“Ada beberapa sarana olahraga yang dibangun oleh pemerintah setempat, tetapi belum ada penetapan sarana olahraga tersebut menjadi aset milik pemerintah,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 18 =