Distan Optimistis Pembangunan Sarana Pertanian Tuntas 2018

     Mukomuko, jurnalsumatra.com –  Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, optimistis kegiatan swakelola pembangunan sarana pertanian di 19 titik di daerah itu tuntas pada 2018.

Pembangunannya dijadwalkan dimulai pada September 2018 dan harus rampung pada akhir 2018, kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Distan Kabupaten  Mukomuko, Ali Mukhibin di Mukomuko, Senin.

Sebanyak 19 kelompok tani di daerah itu pada 2018 mendapat bantuan anggaran untuk melaksanakan kegiatan swakelola pembangunan sarana pertanian dari pemerintah provinsi(Pemprov) Bengkulu.

Sekarang ini sebanyak belasan kelompok tani tersebut mengajukan pencairan uang muka sebesar 40 persen dari Rp2,9 miliar anggaran untuk kegiatan swakelola pembangunan sarana pertanian.

Ia menyebutkan, anggaran sebesar itu untuk sebanyak 19 paket kegiatan swakelola pembangunan sarana pertanian yang terdiri dari pembangunan embung, dam parit dan pintu air.

Ia menyatakan, ada beberapa petugas teknis dari dinas tersebut yang memberikan petunjuk teknis kegiatan pembangunan sarana pertanian kepada kelompok tani tersebut.

Selain itu, katanya, ada petugas khusus pendamping kegiatan swakelola pembangunan sarana pertanian.

Ia menjelaskan, sebanyak 19 paket kegiatan pembangunan fisik sarana petanian itu tidak dilaksanakan secara kontraktual menggunakan jasa pihak ketiga pengadaan barang dan jasa pemerintah, tetapi secara swakelola.   (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =