DISTAN Sarankan Petani Swadaya Operasikan Pompa Air

     Mukomuko, jurnalsumatra.com  – Pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyarankan agar petani lima desa di Kecamatan Ipuh swadaya membeli bahan bakar minyak untuk mengoperasikan mesin pompa air dalam pengairan sawah tadah hujan saat musim panas.
“Kalau bisa petani swadaya membeli bakar banyak untuk mengoperasikan  mesin pompa air tersebut,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Edy Aprianto, di Mukomuko, Kamis.
Ia mengatakan hal itu menanggapi keluhan petani lima desa di Kecamatan Ipuh yang kesulitan dsalam mwengairi sawah tadah hujan saat musim panas sekarang ini.
SDikatakan, pemerintah daerah setempat telah memberikan bantuan sebanyak lima mesin pompa air kepada lima kelompok tani di Kecamatan Ipuh, namun mesin tersebut belum dimanfaatkan secara optimal oleh petani setempat.
Menurutnya, saat ini petani di wilayah tersebut membutuhkan selang panjang untuk menjangkau lahan persawahan tadah hujan di lima desa tersebut. Selain itu operasional mesin pompa air.
Ia mengatakan, petani di wilayah tersebut bisa memanfaatkan dana desa untuk membeli selang panjang untuk menjangkau areal persawahannya.
Sedangkan, katanya, sumber pembiayaan untuk operasional mesin pompa air tersebut berasal dari swadaya sejumlah petani yang mempunyai lahan persawahan di wilayah itu.
Ia menyatakan, instansinya tidak memiliki anggaran untuk membiayai operasional mesin pompa air untuk pengairan sawah tadah hujan milik petani setempat.(anjas)

Leave a Reply