DKP Mukomuko Bantu Masyarakat Lestarikan Penyu

     Mukomuko, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat tahun ini akan memberikan bantuan fasilitas kepada kelompok masyarakat yang melestarikan penyu di daerah itu.
Kabid Pemberdayaan dan Pelaku Usaha Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Heri Siahaan, di Mukomuko, Sabtu, menyebutkan bantuan tersebut berupa satu bak penetasan dan empat bak penampungan tukik kepada kelompok masyarakat yang melestarikan penyu di Desa Pulau Makmur.
“Anggaran untuk pengadaan satu  bak penetasan tukik sebesar Rp10 juta dan empat bak penampungan tukik masing-masing sebesar Rp4 juta yang bersumber dari APBD tahun 2018,” ujarnya.
Ia mengatakan, pemerintah memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat yang melestarikan penyu di Pantai Desa Pulau Makmur itu berdasarkan usulan dari kelompok tersebut.
Kelompok masyarakat tersebut mengusulkan bantuan fasilitas untuk pelestarian penyu di pantai wilayah itu sejak tahun 2016 hingga 2017.
Ia mengatakan, instansinya saat ini menunggu pengesahan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) untuk pengadaan bantuan fasilitas pelestarian penyu oleh DPRD setempat.
Ia mengatakan, komisi di DPRD setempat menyetujui usulan anggaran untuk pengadaan bak penetasan dan penampungan tukik. Selanjutnya pembahasan di badan anggaran DPRD setempat.
Ia berharap, DPRD menyetujui anggaran untuk pelestarian penyu di daerah itu tepatnya di pantai Desa Pulau Makmur.(anjas)

Leave a Reply