DKP Sumut Siapkan Bantuan Perahu Untuk Nelayan

    Medan, jurnalsumatra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara menyiapkan bantuan perahu untuk memudahkan nelayan dalam menangkap ikan di perairan.
Dalam rapat dengan Komisi B DPRD Sumut di Medan, Selasa, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aliharni mengatakan, pihaknya telah mengalokasikan anggaran Rp1 miliar untuk pengadaan perahu nelayan itu.
Setelah diusulkan dan disetujui dalam Musrenbang Sumut, pihaknya akan menyalurkan bantuan perahu tersebut pada tahun 2018.
Pihaknya memproyeksi bantuan perahu tersebut akan diberikan kepada nelayan-nelayan yang bergerak di sektor perikanan laut di Sumut.
“Jadi, untuk nelayan di 17 kabupaten/kota yang ada di pesisir,” katanya.

     Meski telah mengalokasikan anggaran, tetapi DKP Sumut belum mengetahui jumlah perahu yang akan disalurkan untuk masyarakat nelayan.
Hal itu disebabkan jumlah perahu tersebut sangat tergantung dari harga kayu pada tahun 2018 yang akan digunakan untuk membuat perahu.
Karena itu, sebelum melakukan pengadaan perahu tersebut, DKP SUmut akan melakukan survei pasar untuk mengetahui harga terlebih dulu.
Setelah mengetahui harga kayu, baru dilakukan penetapan mengenai jumlah perahu yang akan diberikan sekaligus waktu pembuatannya.
“Kita akan lihat harga dan ketersediaan kayu dulu karena harganya bervariasi. Kalau kayu langka, harganya biasanya tinggi,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 5 =