DLH Diminta Uji Kualitas Udara Dekat Pabrik

    Mukomuko, jurnalsumatra.com – Lembaga swadaya masyarakat di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, minta Dinas Lingkungan Hidup setempat melakukan pengujian kualitas udara untuk memastikan ada atau tidak pencemaran udara di wilayah yang berada dekat pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO milik PT Karya Sawitindo Mas.
“Kami akan menyampaikan laporan tertulis kepada dinas itu guna  meminta dinas melakukan pengujian kualitas udara di wilayah yang berada dekat pabrik CPO,” kata salah seorang pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat Koalisi Rakyat Menggugat (KRM) Kabupaten Mukomuko Isbowo didampingi penggurus LSM KRM lainnya Suprin di Mukomuko, Jumat.
Ia mengatakan, hal itu menindaklanjuti laporan dari warga di sejumlah desa dalam Kecamatan XIV Koto yang mengeluhkan bau busuk yang diduga berasal asap pabrik CPO milik PT Karya Sawitindo Mas di Desa Tanjung Alai.

      Ia mengatakan, saat ini lembaganya sedang menyiapkan sejumlah bahan dan data terkait adanya dugaan pencemaran udara di dekat pabrik CPO tersebut.
Data tersebut terkait jumlah warga yang berada dekat pabrik yang telah dan baru terserang penyakit pernapasan yang diduga akibat asap pabrik.
Selanjutnya, katanya, bahan dan data yang terkait dengan dugaan pencemaran udara di daerah itu dilampirkan di dalam surat laporan untuk Dinas Lingkungan Hidup setempat.
Untuk sementara ini,  ia menyatakan, lembaganya belum bisa memastikan ada atau tidaknya pencemaran udara akibat asap pabrik di wilayah tersebut.
“Kita berikan kesempatan kepada instansi terkait melakukan pengujian kualitas udara di wilayah dekat pabrik CPO di daerah ini,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =