Dodi Hadiri Sedekah Bumi Plakat Tinggi

Muba, Sumsel, jurnalsumatra.com- Seluruh Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Plakat Tinggi kompak menggelar ritual Sedekah Bumi berupa Nasi Tumpeng, serta diirigi hiburan musik Campur sari dengan dilanjutkan zikir bersama bertempat di Desa Air Putih Ulu Kecamatan Plakat Tinggi, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Selasa (31/10/2017).

Acara yang digelar secara swadaya masyarakat itu, dihadiri Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin Ketua, Wakil dan Sekretaris TP PKK Muba, Hj Thia Yufada Dodi Reza, Susi Imelda Beni Hernedi, Hj Halimah Rusli dan ribuan masyarakat Kecamatan Plakat Tinggi.

Dalam laporannya Ketua Pelaksana  kegiatan Sukarji menjelaskan, kalau Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui segala bentuk hasil bumi.

“Acara silaturahmi dengan masyarakat, Zikir dan Do’a bersama yang dirangkum dalam Kegiatan Sedekah Bumi Transmigrasi ke 36 dan sekaligus Hari Jadi Kecamatan Plakat Tinggi ke 12 tahun 2017, Semoga dengan sedekah bumi ini menjadikan Kecamatan Plakat Tinggi dengan masyarakatnya selalu dikaruniai kesehatan dan kesejahteraan selalu,”Harapnya.

Sementara Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin mengucapkan terimakasih kehadirannya diterima dengan baik, penuh keramahan yang luar biasa oleh masyarakat Kecamatan Plakat Tinggi, bahkan Bupati mengapresiasi atas terlaksananya sedekah bumi oleh mayarakat setempat sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat dari Sang Maha Pencipta.

“Sedekah Bumi ini merupakan acara yang sangat baik dan harus dilestarikan, maka dari itu dibuatkan secara resmi, masukkan di program kerja jangan secara swadaya. Karena Sedekah Bumi merupakan tradisi dengan tujuan berserah kepada Sang Maha Pencipta, ucapan syukur atas segala rezeki dan nikmat yang dilimpahkan, sehingga kita dapat dan siap mengisi pembangunan di daerah, “Ujarnya.

Disisi lain Dodi juga mengatakan, “untuk diketahui 36 tahun yang lalu, berduyun-duyun masyarakat dari pulau seberang datang ke Muba dengan harapan agar anak cucu sejahtera, oleh karena itu harapan tersebut harus kita jaga. Insyaallah ditahun 2018 kita akan melakukan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran termasuk di Kecamatan Plakat Tinggi, seperti pembangunan jalan, listrik dan air bersih.

Selain itu kita juga akan meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit dan karet, salah satu program yang telah Pemkab Muba lakukan adalah peremajaan kebun kelapa sawit, nantinya akan ada juga usulan peremajaan pohon karet, ini telah disetujui oleh Presiden. Kalau mengenai harga karet yang turun, akan diciptakan aspal berbahan dari karet, supaya nilai jual karet bisa tinggi.

Mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk mensejahterakan anak cucu kita kelak, dengan penuh semangat saya yakin bisa,”Tukasnya.

Dalam sambutanya Camat Plakat Tinggi, Siswandi mengatakan, mudah-mudahan Kecamatan Plakat Tinggi lebih maju berjaya untuk mendukung Visi dan Misi Kabupaten Muba. Dilaporkannya juga bahwa Kecamatan Plakat Tinggi ada inovasi baru, yakni akan mendirikan sekolah peternakan sapi dan ada organisasi masyarakat disebut Plazenta (Plakat Tinggi Zona Petani Peternakan Sapi).

“Berdasarkan ide usulan masyarakat yang terhimpun dalam organisasi Plazenta dibawah binaan Bupati langsung sebagai Dewan Penasehat akan mendirikan bank sapi, kita harap bisa berjalan dan membantu masyarakat agar tidak lagi impor sapi dari luar. Sapi bisa dihasilkan dari Plakat Tinggi, dari rencana ini sudah disiapkan lahan seluas 26 hektar tinggal pelaksanaan, kami berharap dengan dukungan Pemkab Muba ditahun 2018 bisa terlaksana, “harapnya. (Rafik Elyas)

Leave a Reply