DPD Berharap Sebaran Guru Di Sulut Merata

    Manado, jurnalsumatra.com – Anggota Komite III DPD RI Daerah Pemilihan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ir Stefanus Liow berharap penyebaran tenaga guru di provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu merata.
“Ini kondisi nyata yang terjadi, satu daerah kelebihan dan daerah lainnya kekurangan,” kata Liow di Manado, Senin.
Ada fenomena daerah berupaya mengusulkan penerimaan calon pegawai negeri sipil guru, namun tidak menganalisis apakah sebaran guru merata.
Akibatnya, kata dia, satu daerah ada yang kekurangan sementara di daerah lainnya terjadi kelebihan.
“Kami berharap ada analisis penyebaran tenaga guru di daerah. Kalau satu daerah kelebihan maka bisa didistribusikan ke daerah yang kurang sehingga terjadi pemerataan atau keseimbangan,” ujarnya.

Apabila setelah dianalisis didapati terjadi kekurangan guru maka sangat tepat daerah mengusulkan dibuka penerimaan CPNS.
Liow mengharapkan penempatan tenaga guru di daerah 3T (Terpencil, Terluar dan Tertinggal) tetap menjadi prioritas daerah dalam rangka pemerataan mutu pendidikan.
“Kalau sebaran tenaga guru merata hingga ke daerah 3T itu maka kualitas pendidikan tidak akan ada perbedaan baik di daerah terpencil maupun di perkotaan,” katanya.
Di sisi lainnya, pengganti antarwaktu yang menggantikan Senator Maya Rumantir yang mencalonkan diri menjadi Wakil Gubernur Sulut itu berharap peningkatan kompetensi guru terus dilakukan sehingga memberikan dampak positif dalam proses belajar-mengajar.(anjas)

Leave a Reply