DPM dan PTSP Perpendek Proses Pelayanan

Lahat, jurnalsumatra.com – Kepemimpinan Bupati Cik Ujang SH – Wabup H Haryanto SE MM MBA, terus melakukan pembenahan dan trobosan baik di Lingkungan Pemkab Lahat maupun Dunia Usaha lainnya.

Hal itu terlihat pada Selasa (12/11/2019) bertempat di Hotel Bukit Selero (Buser), Asisten II Sri Muliati SH MM didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) Lahat Hery Alkahfi AP MM menegaskan, guna untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lahat, pihaknya akan merubah strategi dengan memperpendek proses pelayanan.

“Semua ini, bertujuan selain meningkatkan PAD Kabupaten Lahat. antara, Pemerintah Daerah dengan dunia usaha bisa menyelesaikan permasalahan dalam pelaksanaan penanaman modal,” kata Kadis DPM dan PTSP Lahat, Hery Alkahfi AP MM, dalam sambutannya.

Diakuinya, selama ini mungkin banyaknya pihak dunia usaha tidak mau berurusan, karena, panjangnya proses pelayanan sehingga, sipengusaha susah untuk mengurus permasalahan dalam pelaksanaan penanaman modal.

“Maka dari itu, pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat. Disamping mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau,” pesan Sri Muliati.

Selain itu, disampaikan Sri Muliati, sipemohon izin agar kiranya dapat memahami mekanisme atau prosedur perizinan yang ada.

“Namun, untuk menjadi perhatian bersama bagaimana wajib mengantongi izin resmi setiap menjalankan usaha, agar supaya dikemudian harinya tidak afa menuai persoalan,” himbau Sri Muliati.

Terutama bagi dunia usaha, dijelaskan Kadis DPM dan PTSP Lahat, diharapkan dapat berperan aktif dalam membantu Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Lahat, caranya sangat mudah dengan mentaati ketentuan perizinan yang berlaku.

“Yang jelas, apabila setiap pelaku usaha membuat izin yang mempunyai legalitas, berarti telah berperan aktif dalam membangun peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), terhadap pajak dan retribusi yang ada,” tegas mantan Kasat Pol-PP Pemkab Lahat yang selalu murah senyum ini. (Din)