DPMD: BPD Kotim Belum Bekerja Sesuai Tupoksi

        Sampit,jurnalsumatra.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menilai Badan Pemusyaratan Desa masih belum bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya.
Kepala DPMD Kotawaringin Timur, Redy Setiawan melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelembagaan, Juliansyah di Sampit, Jumat mengatakan, BPD belum melaksanakan tugasnya dengan baik karena lemahnya sumber daya manusia dan berakibat proses dan program pembangunan desa tidak dapat berjalan maksimal.
“Tidak semua BPD itu lemah, namun sebagian besarnya kemampuan di bawah rata-rata dan belum sesuai dengan harapan,” ucapnya.
Menurut Juliansyah, akibat kelemahan itu BPD kurang dapat memahami dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai BPD.

“Sebagai wakil masyarakat desa BPD seharusnya mampu menyerap dan mengimplitasikan aspirasi masyarakat ke dalam progarm pembangunan desa,” terangnya.
Juliasyah mengatakan, peningkatan SDM BPD merupakan menjadi tugas dan tanggung jawab DPMDes, namun karena dinas teknis masih terkendala dana maka belum dapat dilakukan peningkatan SDM.
“Kami akan berupaya membantu meningkatkan kemampuan SDM BPD agar mereka bisa lebih mandiri dan melaksanakan tugasnya dengan baik, tentunya secara bertahap,” terangnya.
Sesuai ketentuan BPD merupakan dibawah naungan pemerintahan desa, namun dari segi peningkatan SDM menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten dalam hal ini dinas teknis.
“Peningkatan SDM biasanya kita lakukan melalui berbagai pelatihan secara khusus, terutama mengenai cara melaksanakan tugas pokok dan fungsinya,” jelasnya.
Lebih lanjut Juliasyah mengatakan, peningkatan SDM BPD akan tetap dilakukan meski dinas teknis sendiri masih terkendala dengan anggaran.
“Tetap akan kita upayakan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan terhadap BPD,” demikian Juliansyah.  (anjas)

Leave a Reply