DPMD Proses Pengunduran Diri Kades Jadi Caleg

    Mukomuko, jurnalsumatra.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu akan memproses tiga kepala desa yang mengundurkan diri karena ingin menjadi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di daerah tersebut.
“Kami memprosesnya secara administrasi dari dinas ini ke bupati. Selanjutnya bupati yang mengeluarkan SK pemberhentian tiga kades ini,” kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto, di Mukomuko, Kamis.
Sebanyak tiga kepala desa yang menyampaikan pengunduran diri secara tertulis ke instansi ini, yakni Kades Sumber Makmur, Kades Tirta Makmur, dan Kades Banjar Sari, atau bertambah dari sebelumnya dua kades.
Ia menyatakan, tidak hanya tiga kades ini, termasuk kades lain yang ingin menjadi caleg harus menyampaikan pengunduran diri secara tertulis ke dinas ini. Selanjutnya instansinya yang memproses kades yang mengundurkan diri.

     Menurutnya, kades yang telah menyampaikan pengunduran diri secara tertulis kepada dinas itu tidak langsung otomatis yang bersangkutan ini berhenti dari jabatannya sebagai kepala desa.
Ia mengatakan, ada proses administrasi yang harus dilalui mulai dari instansi itu, selanjutnya bupati yang mengelurkan SK pemberhentian kepala desa yang mengundurkan diri.
Selain itu, katanya pula, bupati setempat tidak hanya mengeluarkan SK pemberhentian kepala desa tetapi juga SK pengangkatan penjabat kades yang baru.
Setelah instansinya menerima surat pengunduran diri secara tertulis dari kades, selanjutnya berkoordinasi dengan camat terkait untuk mencari penjabat pengganti kades tersebut.
“Camat yang menyiapkan penjabat kades, kemudian diusulkan ke bupati sehingga bupati bisa mengeluarkan dua SK pemberhentian dan pengangkatan penjabat kades,” ujarnya pula.(anjas)

Leave a Reply