DPP SAS Salurkan Beasisiwa IAIN Batusangkar


Tanahdatar, Sumbar ,Jurnalsumatra.com – Dewan Pengurus Pusat Sulit Air Sepakat (SAS) kunjungi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar pada Senin (03/02/2020), dalam kunjungan tersebut hadir 7 orang pengurus DPP SAS untuk perencanaan Memorandum of Agreement (MoA) dengan IAIN Batusangkar.

Syafrizal Zain ketua DPP SAS dalam kunjungannya mengatakan untuk meningktakan dan pencapain pendidikan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal perlunya kontribusi atas pembanguan daerah dari seluruh leding sektor, baik keluarga, Pemerintah nagari dan seluruh tokoh masyarakat dalam mengupayakan pencapaian tersebut.

“Sulit Air Sepakat (SAS), merupakan salah satu organisasi sosial perantauan masyarakat Minang yang harus diakui paling terkenal dan terbesar di Ranahminang, dan akan menyandingkan program utamanya dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, dalam bentuk penyaluran Beasiswa berprestasi khusunya mahasiswa IAIN Batusangkar yang bersal dari Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok.”

Memorandum of Agreement (MoA) yang akan dilaksanakan pada pertengahan maret tahun ini, dan sekaligus penyerahan beasiswa kepada mahasiswa kita sedang menuntut ilmu di IAIN Batusangkar nantinya.”ucap Syafrizal Zain

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Rizal, M.Ag yang di damping Kepala biro AUAK Drs. H. Yasrizal, MA menyambut baik dan apresiasi tinggi atas kunjungan dan perhatian besar DPP SAS terhadap keberlangsungan pendidikan mahasiswa IAIN Batusangkar yang khususnya mahasiswa dari Nagari Sulit Air, Kab. Solok. 

Disamping itu Warek III juga berharap Gerakan ini juga sebaiknya dikuti oleh organisasi perantau daerah lainnya, seperti PKDP, IKTD, dan lainnya sehingga mahasiswa yang cerdas, pintar dan hebat tapi tidak mampu bisa menyelesaikan pendidikannya tepat waktu yang pada saat nanti bisa membangun daerahnya masing masing. 

“dari data yang di peroleh IAIN Batusangkar ada 54 mahasiswa yang berasal dari Nagari Sulit Air dangan bermacam tingkatan semesternya, dalam waktu dekat ini kita pihak IAIN Batusangkar akan melakukan penjaringan dan seleksi terhadap mahasiswa Nagari Sulit Air yang akan menerima bantuan beasiswa dari DPP SAS nantinya”

Lebih lanjut Rizal Mengatakan dengan telah di bukannya Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2020/2021, yakni Jalur Seleksi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dalam hal ini Rizal menyampaikan kepada pengurus DPP SAS akan memproritaskan calon-calon siswa dari Nagari Sulit Air untuk bisa di terima di IAIN Batusangkar.

Adapun salah satu bentuk kerjasama yang akan ditanda tangani adalah, proses seleksi penerima bantuan untuk mahasiswa yang berasal dari sulit air dilakukan oleh pihak IAIN Batusangkar melalui penjaringan dengan persyaratan yang ditetapkan bersama. Sedangkan biaya yang akan disalurkan berasal dari perantau Sulit Air yang tergabung dalam SAS.(red)