DPPPA Biak Tetapkan Lima Sekolah Ramah Anak

     Biak, jurnalsumatra.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2017 menetapkan lima sekolah jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA sebagai model sekolah ramah anak di wilayah paling Timur Indonesia.
“Lima sekolah ramah anak tersebar di empat distrik, yakni distrik Biak Kota SMA Negeri 1, distrk Samofa SMP Negeri 2, distrik Yendidori SD YPK Urfu serta distrik Biak Utara SD Ampari dan SD Saukobye,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Biak Numfor Evi Pakdawer dihubungi di Biak, Rabu.
Ia mengakui untuk sekolah ramah anak di distrik Biak Utara akan dibantu organisasi non-pemerintah Wahana Visi Indonesia dan Pemerintah Jepang.
Sedangkan untuk tiga sekolah lain di distrik Biak Kota, distrik Samofa dan distrik Yendidori, menurut Evi Pakdawer, akan dibina langsung Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten Biak Numfor.
“Penetapan sekolah ramah anak dalam rangka mewujudkan Biak Numfor kabupaten layak anak, ya ini sudah menjadi komitmen Pemkab Biak Numfor,” ujarnya.
Ia berharap para dewan guru, kepala sekolah dan orang tua dapat mendukung program sekolah ramah anak yang sudah mulai dicanangkan Pemkab Biak Numfor.
Evi Pakdawer mengatakan untuk mendorong pelaksanaan sekolah ramah anak pihak DPPPA bekerjsama dengan Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Yayasan Pendidikan Kristen serta para pemangku kepentingan bidang pendidikan lainnya dalam mengimplementasikan program sekolah layak anak.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Biak Markus Oktovianus Mansnembra menyatakan jajaran Pemkab Biak Numfor sangat mendukung penetapan sekolah model layak anak untuk mendidik generasi muda Papua yang berkualitas dan berkarakter.
“Perlu koordinasi lintas instansi untuk mendukung keberhasilan program sekolah ramah anak di Kabupaten Biak Numfor,” harap Sekda Markus Mansnembra.
Berdasarkan data pada tahun 2017 Kabupaten Biak Numfor mendapat penghargaan Menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak karena menyediakan ruang publik bermain layak anak.(anjas)

Leave a Reply