DPRD apresiasi pengendalian COVID-19 di Gorontalo Utara

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail mengapresiasi kinerja pemerintah kabupaten yang telah mampu dan berhasil mengendalikan penyebaran COVID-19.

  “Kita bersyukur dalam kurun waktu dua pekan terakhir tidak ditemukan kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah ini,” ucapnya saat dihubungi dari Gorontalo, Rabu.

  Artinya, untuk sementara waktu kita berhasil mengendalikan kondisi di masa pandemi ini, ujarnya.

  “DPRD memberi apresiasi yang tinggi kepada pemerintah daerah, khususnya Gugus Tugas kabupaten termasuk didalamnya pihak TNI dan Polri, dalam mendukung upaya-upaya untuk mempertahankan kondisi ini,” ucap politikus PDI Perjuangan tersebut.

  Ia menyampaikan dua pesan khusus kepada pemerintah kabupaten melalui rapat kerja DPRD dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) di ruang Komisi III DPRD.

  Pertama, agar alokasi anggaran penanganan dan pengendalian COVID-19 termanfaat dengan baik sesuai prosedur.

  Sebagai kabupaten yang berhasil melakukan pencegahan dan penanganan kasus COVID-19 dengan angka kematian nol, DPRD kata Djafar, meminta pemerintah kabupaten untuk terus bersinergi dalam penanganan pandemi di daerah itu.

  Ia berharap, zona hijau dari terkonfirmasi positif COVID-19 dapat terus dipertahankan, dengan memperhatikan langkah-langkah pengawasan dan pengendalian dalam memutus rantai penyebarannya seperti yang telah berhasil dilakukan.

  Termasuk memperhatikan kesejahteraan para petugas di perbatasan, baik tim medis, tim teknis dari organisasi perangkat daerah terkait, serta aparat TNI dan Polri, sesuai komitmen bersama dalam kerja-kerja bersama ini.

  Kedua, katanya agar gugus tugas COVID-19 kabupaten dapat terus membangun sinergi dengan pihak gugus tugas provinsi untuk penanganan pandemi ini.
  Sebab kuncinya adalah sinergi, termasuk dengan gugus tugas di desa serta para relawan di garda terdepan yang terbentuk di setiap desa.

  “Kita harus optimistis dapat menjalankan aktivitas maupun kegiatan produktif dengan langkah-langkah produktif pula, termasuk terus mengimbau masyarakat agar tetap patuh menjalankan protokol kesehatan untuk mempertahankan daerah bebas dari pandemi COVID-19,” katanya.(anjas)