DPRD Gorontalo Utara Akan Evaluasi Pengelolaan Keuangan

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan mengevaluasi pengelolaan keuangan oleh pemerintah daerah, termasuk capaian realisasi program sepanjang tahun 2018 ini.
Ketua Komisi II DPRD Gorontalo Utara, Hitler Datau, Rabu, mengatakan segera mengundang seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), untuk menjelaskan pelaksanaan program dan realisasi yang sudah dicapai hingga pertengahan tahun 2018.
Pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2018 sudah memasuki triwulan ketiga, bagaimana pemanfaatannya harus dievaluasi agar bisa diketahui serapan dan realisasi khususnya untuk program pembangunan infrastruktur.
“Jangan sampai serapan anggaran dan realisasi pekerjaan di lapangan tidak sesuai,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Evaluasi pun diharapkan mendorong kinerja pemerintah daerah agar realisasi anggaran tahun 2018 ini tidak rendah.
“Jika nanti ditemukan ternyata masih rendah, maka diperlukan pembahasan bersama untuk mendapatkan solusi terkait percepatan realisasi anggaran yang sama dengan realisasi di lapangan,” ujar Hitler.
Ia berharap, pemerintah daerah akan bersikap transparan dan meningkatkan sinergitasnya khususnya dalam target penyerapan APBD.
Agar jika ditemukan kendala, bisa dicari solusi agar tidak menghambat jalannya pembangunan daerah.
Hitler pun berharap, pengelolaan anggaran bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dapat terlaksana dengan baik dan mampu terealisasi sesuai target capaian yang diharapkan sehingga benar-benar menguntungkan dalam pengalokasiannya di daerah itu. (anjas)

Leave a Reply