DPRD Kalsel Pelajari Pengelolaan Air Tanah DKI

    Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang Pengelolaan Air Tanah di provinsi tersebut mempelajari pengelolaan air tanah DKI Jakarta, Jumat.
“Kita perlu mempelajari pengelolaan air tanah DKI sebagai perbandingan atau masukan dalam pembahasan Raperda tentang Pengelolaan Air Tanah di Kalsel,” ujar anggota Pansus Raperda tersebut, Ismail Hidayat sebelum pertemuan dengan DPRD Ibu Kota itu.
Politikus senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menerangkan, untuk studi komparasi tersebut, Pansus Raperda pengelolaan air tanah antara lain menemui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) DKI Jakarta.
“Kita akan menggali sebanyak-banyaknya tentang pengelolaan air tanah DKI dengan prinsip tetap menjaga kelestarian sumber daya air,” lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VII/Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) itu.

     “Di sisi lain bagaimana agar dalam pengelolaan air tanah tersebut juga mendatangkan penerimaan guna peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kalsel,” demikian Ismail Hidayat.
Sebelumnya Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengharapkan, agar pengambilan air tanah di provinsinya memperhatikan kelestarian dan perlindungan sumber daya air.
Oleh karena itu, Raperda tentang Pengelolaan Air Tanah semata-mata bertujuan agar pengambilan air tanah di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut harus memperhatikan kelestarian dan perlindungan sumber daya air, tegasnya.
Mengenai objek pengaturan dalam Raperda pengelolaan air tanah tersebut, dia menjelaskan, hal itu meliputi pengusahaan air tanah, baik oleh perorangan maupun badan usaha dengan mengedepankan penggunaan untuk kebutuhan sehari-hari dan pengairan/irigasi.
Kunjungan kerja Pansus Raperda tentang Pengelolaan Air Tanah di Kalsel yang diketuai H Riswandi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu ke DKI untuk studi komparasi dijadwalkan, selama tiga hari hingga 9 Desember 2017.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =