DPRD Karimun Segera Jadwalkan Pelantikan Yusuf Sirat

    Karimun, Kepri,jurnalsumatra.com – Badan Musyawarah DPRD Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, segera menjadwalkan pelantikan M Yusuf Sirat sebagai ketua yang lowong sejak Muhamad Asyura diberhentikan tiga tahun silam.
“Makin cepat makin bagus. Tapi kita tunggu saja dalam beberapa pekan ini, penetapan jadwal dari Bamus,” kata Wakil Ketua DPRD Karimun Azmi di Tanjung Balai Karimun, Selasa.
Azmi mengatakan, Gubernur Kepri Nurdin Basirun telah menerbitkan SK pengangkatan M Yusuf Sirat sebagai Ketua DPRD Karimun.
Dengan terbitnya SK dari gubernur, maka tahapan selanjutnya tinggal pelantikan dalam rapat paripurna istimewa.
Secara pribadi dia berharap Yusuf Sirat yang kini menjabat Ketua Komisi 1 segera dilantik sehingga tugas-tugas kepemimpinan di lembaga legislatif tersebut tidak lagi hanya dijalankan dua unsur wakil ketua.
Selama tiga tahun, kata politikus Partai Demokrat ini, tidak ada kebijakan baru yang dilakukan disebabkan kosongnya posisi ketua.

“Kami hanya melanjutkan kebijakan ketua yang lama. Dengan dilantiknya beliau, tentu ada kebijakan-kebijakan baru sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pimpinan, setidaknya untuk satu tahun ke depan, sampai berakhirnya masa bakti kami sebagai wakil rakyat,” tuturnya.
Sementara itu, M Yusuf Sirat menyatakan siap mengemban amanah jika nantinya dilantik sebagai Ketua DPRD Karimun.
“Jabatan tidak dicari, tapi dilaksanakan kalau diberi. Ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya,” kata Yusuf Sirat yang duduk di DPRD Karimun menggantikan Anwar Hasyim yang terpilih sebagai Wakil Bupati Karimun.
Diketahui, posisi Ketua DPRD Karimun yang dipegang Partai Golkar dalam kondisi kosong setelah Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengeluarkan SK pemberhentian terhadap Muhamad Asyura pada 2016.
Gubernur mengeluarkan SK tersebut Asyura setelah Badan Kehormatan DPRD Karimun merekomendasikan pemberhentian Asyura, sebagai tindak lanjut mosi tidak percaya 21 anggota dewan terhadap kepemimpinan Muhamad Asyura pada 2015.
Dengan pemberhentian Asyura, kepemimpinan di DPRD Karimun dijalankan dua wakil ketua, yakni Azmi dari Partai Demokrat dan Bakti Lubis dari Partai Hanura.
Sementara, Asyura sempat menempuh jalur hukum ke Pengadilan Tata Usaha Negara dan ke Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun terkait pemberhentiannya.(anjas)

Leave a Reply