DPRD Lahat Akan Diambil Sumpah Jabatan


Lahat, jurnalsumatra.com – Menurut rencana dan kalau tidak ada arah melintang pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, untuk priode 2019 – 2024 dijadwalkan pada Tanggal 26 Agustus 2019 mendatang.

“Memang benar, untuk pelantikan anggota DPRD Kabupaten Lahat diagendakan pada Tanggal 26 Agustus 2019 nanti. Namun, semua itu masih menunggu surat edaran Gubernur Provinsi Sumsel dan Bupati Lahat,” ungkap Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Lahat, H.M.Safrani Cikmin.SH, Rabu (17/7/2019).

Akan tetapi, sambungnya, untuk secara teknis pihaknya masih menunggu surat persetujuan dari Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Intinya, untuk prosedural nantinya ada di Bagian Otonomi Daerah (Otoda), yang menuliskan surat kepada Gubernur Sumsel dari Bupati Lahat, serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

“Baik petugas dari Pengadilan Tinggi (PT), hingga yang lainnya, berada di Otoda, sedangkan Sekretariatan tinggal menunggu pelimpahan surat pelantikan saja,” tambah Sekwan DPRD Lahat.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui Kepala Bagian (Kabag) Otoda, Sukaemi membenarkan, bahwasanya secara teknis pihaknya akan menyampaikan surat Bupati Lahat kepada Gubernur Sumsel.

“Benar dan saat ini sedang kita konsep surat tersebut. Apabila selesai baru nanti dinaikkan kepada Bupati Lahat, setelah mendapat persetujuan baru selanjutnya kita teruskan ke Gubernur Provinsi Sumsel,” tegas Sukaemi.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, Nana Priana.SH.MM menyampaikan, sejauh ini pihaknya masih menunggu hasil putusan dari sidang Mahkama Konsitusi (MK) terkait, perselihan pemilihan Legislatif (Pileg).

“Bukan hanya hasil sidang MK saja, kita juga masih menunggu petunjuk dari KPU RI. Agar supaya kita tidak menyalahi aturan dan ketentuan yang berlaku,” imbuh Nana. (Din)