DPRD Minta BPBP Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Bencana

     Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripmo Sumas meminta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di provinsinya agar terus meningkatkan kewaspadaan dan siap menghadapi bencana bila terjadi.
Permintaan tersebut dia kemukakan di Banjarmasin, Selasa, berkaitan dengan ramalan cuaca bahwa Februari mendatang masih puncak musim penghujan, sehingga rentan bencana banjir serta bencana alam lainnya.
“Oleh sebab itu, semua BPBD, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota agar jangan lengah terhadap kemungkinan terjadi bencana banjir,” tegasnya menjawab Antara Kalsel.
Ia menunjuk contoh BPBD Kabupaten Tabalong memiliki kewaspadaan yang tinggi terhadap kemungkinan bencana di daerah yang menggunakan motto “Saraba Kawa” (serba bisa) tersebut.

BPBD Tabalong juga memiliki persiapan dan kesiapan yang tinggi dalam penanggulangan bencana seandainya terjadi di “Bumi Saraba Kawa” yang berbatasan dengan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) itu.
Karena itu, pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut mengharapkan, agar BPBD kabupaten/kota lainnya di Kalsel memiliki kewaspadaan serta tingkat persiapan dan kesiapan minimal serupa dengan Tabalong.
Guna mengetahui kesiapan dan persiapan BPBD kabupaten/kota lain, Komisi I DPRD Kalsel yang juga membidangi bencana akan melakukan kunjungan serupa, sebagaimana ke Tabalong pekan lalu, ujar wakil rakyat bergelar sarjana dan magister hukum tersebut.
“Kita tidak ingin, sesudah terjadi bencana baru sibuk dengan berbagai urusan untuk penanggulangan, apalagi sampai meminta korban. Oleh sebab itu kewaspadaan, serta persiapan dan kesiapan bagi BPBD setempat merupakan keniscayaan,” demikian Suripno.(anjas)

Leave a Reply