DPRD Minta Formasi CPNS Riau Ditambah

    Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau meminta pemerintah jeli membaca kebutuhan penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS untuk formasi daerah.
Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu di Pekanbaru, Senin mengatakan Provinsi Riau tentu menyambut baik rencana perekrutan besar-besaran CPNS untuk formasi daerah, karena daerah setempat masih kekurangan abdi negara di sejumlah formasi jabatan.
“Kita tahu dalam beberapa tahun terakhir tidak ada perekrutan CPNS, 2017 dibuka untuk Kementerian/lembaga dan 2018 dibuka untuk daerah. Harapan kita untuk formasi di Riau harus jelas sesuai kebutuhan,” kata Kordias Pasaribu.
Politisi PDI Perjuangan Riau itu menjelaskan, Pemerintah Provinsi Riau dan Kabupaten/kota disarankan untuk membuat tim khusus yang mengurus perekrutan CPNS. Termasuk, membentuk peta kebutuhan CPNS di instansi pemerintah yang masih kurang, seperti kebutuhan tenaga medis dan guru, baru kemudian diajukan ke Kemen PANRB.
“Kita melihat dari sisi kebutuhan kinerja di Provinsi Riau dan pensiunan PNS, dari sana dipetakan berapa yang dibutuhkan. Sementara, untuk tenaga kesehatan dan guru, masih sangat kurang. Kita harap ini diprioritaskan,” tutur Kordias.

    Ia mewanti-wanti pemerintah untuk dapat mengedepankan transparansi dalam penerimaan CPNS daerah. Pengawasan diperketat terhadap praktik-praktik curang penerimaan CPNS yang dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab.
“Kemarin sistemnya sudah dengan CAT (komputer) nilainya langsung keluar. Sangat transparan sekali. Pada CPNS, jangan cari-cari link untuk lulus, itu bentuk kecurangan,” sebutnya.
Sebagai informasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan akan kembali membuka pendaftaran CPNS di 2018. Hanya saja, jumlah CPNS yang menjadi kebutuhan masih belum dipastikan.
Kementerian PANRB meminta kepada sejumlah instansi pemerintah untuk mengajukan kebutuhan jabatan.(anjas)

Leave a Reply