DPRD Minta Pemkot Segera Lelang Sejumlah Jabatan

     Palangka Raya, jurnalsumatra.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto meminta pemerintah kota segera melakukan lelang terbuka terhadap sejumlah jabatan yang hanya dijabat pelaksana tugas.
“Kita sudah resmi memiliki Sekda definitif. Saya minta Sekda baru ini segera melakukan lelang jabatan yang kosong baik kepala dinas, kabid, maupun jabatan lain sampai saat ini dijabat Plt,” kata Sigit di Palangka Raya, Rabu.
Menurut Politisi PDI Perjuangan itu, kekosongan jabatan, terutama kepala dinas sangat berdampak pada capaian realisasi APBD.
“Kita melihat bahwa sejumlah kepala dinas yang ada di lingkungan pemerintah kota yang dijabat Plt, capaian realisasi APBD-nya tidak signifikan,” kata Sigit.
Keadaan tersebut, menurut dia, karena kebijakan yang diambil Plt terbatas jika dibanding dengan pejabat definitif.
“Untuk itu kami meminta Sekda kota yang baru saja dilantik ini segera melakukan proses lelang jabatan secara terbuka dan transparan,” katanya.
Di sisi lain, Ketua DPRD “Kota Cantik” ini pun berpesan agar nantinya penempatan jabatan yang dilakukan pemerintah kota sesuai dengan kemampuan.
Selain itu, orang yang diberi amanah jabatan juga agar dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pihak legislatif selalu mitra kerja dalam pemerintahan.
“Pejabat harus memiliki visi dan misi yang jelas. Jangan asal ditempatkan tanpa ada kemampuan dan mengerti permasalahan. Selain itu juga agar para pejabat nantinya mudah diajak berkomunikasi sehingga pembahasan program kerja antara eksekutif dan legislatir berjalan dengan baik,” katanya.
Saat ini sejumlah jabatan di lingkungan pemerintah kota yang belum definitif seperti Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dinas Kesehatan dan BPBD.
Selain itu, untuk Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman yang sebelumnya dijabat Rojikinnor juga kosong karena belum lama ini ia dilantik menjadi Sekda Definitif Kota Palangka Raya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =