DPRD Sediakan Ruang Pusat Informasi dan Panggung Asfirasi

Muba, Jurnalsumatra.com – Untuk mempermudah masyarakat dalam mendapat informasi Publik. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menyediakan ruang pusat informasi dan Publik pada kantor DPRD Muba. 

Selain itu, DPRD Muba juga menyediakan panggung asfirasi untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan asfirasi.

Hal ini diketahui setelah launching Pusat Informasi dan Publik dilakukan ketua dan wakil kertua DPRD Muba, Senin (28/10/2019).

Selaku pemilik gagasan Sekretaris DPRD Muba, Thabrani Rizky mengatakan, ide ini dilakukan karena selama ini masyarakat kesulitas untuk mendapatkan Informasi publik maka dengan disediakan ruang Pusat Informasi dan Publik dapat menjamin adanya keterbukaan informasi publik pada DPRD Muba.

Juga dijelaskannya, bahwa Pusat infomasi dan publikasi ini sebagai tempat DPRD Muba menyampaikan informasi secara menyeluruh kepada masyarakat, agar seluruh program yang dilaksanakan dapat diketahui secara jelas dan lengkap.

“Ada ruangan pojok aspirasi, masyarakat bisa secara langsung mendapatkan informasi secara menyeluruh. Ada ruangan e arsip, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi melalui website,” Jelas dia.

Selain itu, ditunjukannya kalau DPRD Muba juga menyiapkan panggung aspirasi di depan Gedung wakil rakyat. Maka dengan adanya panggung tersebut, masyarakat dipersilahkan untuk menyampaikan aspirasi secara tertib. 

“Tentunya ke depan kita akan terus lakukan evaluasi untuk dilakukan perbaikan. Ini semata-mata agar masyarakat mendapatkan informasi yang jelas,” Tuturnya.

Sementara, Ketua DPRD Muba, Sugondo, menjelaskan, bahwa Pusat Informasi dan Publikasi ini merupakan bagian dari tindaklanjut Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Masyarakat tidak perlu lagi menggali informasi dengan sulit. Silahkan datang, jadi tidak ada kecurigaan dengan adanya keterbukaan informasi ini. Mudah -mudahan bisa mengakomidir aspirasi masyarakat yang datang,” pungkasnya. (Rafik elyas)