DPRD Siak Sahkan Lima Perda

Siak, jurnalsumatra.com – DPRD Kabupaten Siak mengesahkan lima rancangan peraturan daerah menjadi peraturan daerah (perda) pada sidang paripurna di gedung Panglima Ghimbam, Siak.
“Sebelum disahkan menjadi perda, ranperda ini sudah dibahas tim panitia khusus yang dibagi dalam tiga tim, A, B, dan C,” ujar Ketua DPRD Siak Indra Gunawan saat memimpin sidang paripurna, Kamis.
Adapun perda yang disahlan, yaitu Perda tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Kampung, Perda perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2015 tentang Tata Cara Pencalonan Pemilihan Pengangkatan Pelantikan dan Pemberhentian Penghulu (kepala desa).
Selanjutnya Perda perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2015 tentang Badan Permusyawaratan Kampung, Perda tentang Retribusi Pelayanan Pelabuhan, dan Perda tentang Ketahanan Pangan.
“Sementara raperda tentang izin pengelolaan penangkaran sarang burung walet belum bisa disahkan saat ini karena masih butuh pembahasan lebih mendalam dengan melibatkan berbagai stakeholder terkait,” kata juru bicara Pansus B DPRD Siak Syamsurizal.

Wakil Bupati Siak Alfedri menyebutkan, Perda tentang Retribusi Pelayanan Kepelabuhan sangat penting karena pelabuhan merupakan salah satu unsur dalam penyelenggaraan angkutan laut dan memiliki peranan penting dan strategis sebagai penunjang, pendorong, dan penggerak bagi pertumbuhan daerah.
Sedangkan Perda Ketahan Pangan untuk memberikan landasan hukum yang kuat dalam rangka mewujudkan ketersedian pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau bagi masyarakat luas.
Selain itu, meningkatkan kemampuan produksi pangan daerah secara mandiri, mempermudah dan menjangkau akses pangan bagi masyarakat terutama rakyat rawan pangan dan darurat pangan, dan melindungi dan mengembangkan sumber daya pangan daerah.
Perda perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2015 tentang Badan Permusyawaratan Kampung diperlukan karena dalam pelaksanaan Perda Nmor 5 tahun 2015 ditemukan beberapa permasalahan sehingga perlu dilakukan penyempurnaan guna memaksimalkan perda tersebut.(anjas)

Leave a Reply