DPRD Sumsel Jamin Soal Anggaran Kathutla

Palembang, jurnalsumatra.com – Agar lebih proaktif dan tanggap dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera Selatan (Sumsel), DPRD akan mendorong dengan cara penambahan anggaran.

Hal tersebut dikemukakan Ketua DPRD Sumsel, MA Gantada, usai rapat paripurna di Gedung DPRD Sumsel, Jumat (16/8/2019).

“Dalam rapat APBD, kita tetap dorong anggaran untuk penanganan Karhutla supaya dinas terkait seperti Kehutanan, BPBD dan Satgas yang ada lebih pro aktif lagi,” katanya.

Sejauh ini, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini sudah berkoordinasi dengan stakeholder dan dinas terkait, ternyata yang menjadi kendala saat ini soal sarana prasarana.

“Silpa anggaran tahun lalu, untuk pemanfaatannya segera akan kita susun, kurang lebih Rp800 miliar karena dari silpa tahun kemarin ada Rp600 milar. Artinya aktivitas dari program tahun lalu ada yang berjalan secara efisien, makanya kita masih mendapatkan sisa anggaran tahun lalu,” ungkapnya.

Sedangkan, untuk APBD perubahan sudah memasuki tahap KUA. Artinya masih ada kebijakan sinkronisasi akhir pelapon anggaran yang sudah clear.

“Penandatanganan kesepakatan dulu barulah kita memasuki pembahasan APBD, dalam beberapa Minggu kedepan sebelum tugas DPRD berakhir insaallah sudah clear semua,” katanya.(UDY)