DPRD Sumsel Minta Gubernur Secepatnya Ajukan RPJMD

Palembang, jurnalsumatera.com – DPRD Provinsi Sumsel meminta Gubernur agar rancangan program kerja jangka menengah dan dekat (RPJMD) dilakukan secepatnya atau maksimal 45 hari setelah dilantik dan menjabat. Sehingga dapat dijadwalkan untuk segera dibahas dan ditetapkan.

Ketua Pansus Badan Pembentukan Perda DPRD Sumsel, H Fahlevi Maizano mengatakan,  dari hasil kajian legislatif akan melaksanakan tugas sebagai panitia khusus, disepakati bahwasanya tata tertib ini bisa disahkan paling lambat tanggal 16 Oktober ini. Sedangkan untuk RPJMD sudah bisa diajukan paling lambat 45 hari setelah Gubernur Sumsel, H Herman Deru dilantik. “Jadi kita bisa langsung dapat membahas program perja dimaksud,” ujarnya usai menyampaikan hasil kerja pansus di Rapat Paripurna,  Senin (15/10/2018)

Fahlevi menerangkan, nantinya dalam RPJMD ini akan membahas terkait program kerja dan visi misi dari gubernur khususnya terkait janji kampanye yang lalu. Pihaknya minta agar pengajuannya bisa diterima paling lambat 10 hari usai diajukan dapat diterima oleh Ketua DPRD Sumsel.

“Kita seluruh anggota pansus menyetujui perubahan Tatib DPRD SUmsel. Ini termasuk juga bila terdapat pengurangan ataupun penambahan pasal serta ayat dalam tatib tersebut. Untuk penyusunan tatib sendiri harus tetap berpedoman pada PP No 12 tahun 2018,” bebernya.

Menurutnya, dengan adanya perbaikan tatib ini, diharapkan akan mampu meningkatkan produktifitas dan kerja serta menaikkan kinerja dari seluruh anggota dewan dalam mewujudkan check and balance antara legislatif dan yudikatif. “ Diharapkan kinerja anggota dewan akan lebih meningkat lagi,” tegasnya.

Plt Ketua DPRD Sumsel, HM Yansuri SH mengatakan, sejak dibentuk tanggal 3 Oktober lalu pansus ini sudah bekerja secara maksimal bahkan melakukan studi banding ke Pulau Jawa dan Provinsi Riau, sehingga kali menjadwalkan untuk memaparkan laporan dari kerja yang telah berakhir tanggal 13 Oktober lalu.

“Kita berharap kinerha dewan akan menambah baik dari kualitas kinerja seluruh anggota dewan. Paling tidak, apa yang dilakukan ini dapat membawa kebaikan bagi kita semua dan pada akhirnya memberikan kebaikan bagi semua masyarakat Sumsel,” pungkasnya.  (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 5 =