DPUPR Diminta Prioritaskan Bangun Jalan Menuju TPA

    Mukomuko,jurnalsumatra.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) setempat memprioritaskan anggaran pembangunan jalan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di daerah itu.
“Kami minta dinas PUPR memprioritas pembangunan jalan menuju tempat TPA sampah sehingga seluruh sampah yang ada di daerah ini bisa dibuang di lokasi tersebut,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Robin Linton di Mukomuko, Selasa.
Dinas lingkungan hidup (DLH) setempat belum memanfaatkan TPA sampah di Desa Selagan Jaya karena akses jalan sepajang lima kilometer menuju lokasi TPA belum dibangun.
DLH, sejak tahun 2017 mengusulkan anggaran pembangunan jalan sepanjang lima kilometer kepada dinas PUPR, namun belum teralisasi.

    Karena TPA sampah belum bisa difungsikan sehingga instansinya terpaksa memanfaatkan lagi tempat pembuangan sementara sampah di Jalan Lintas Sumatera di daerah itu.
Padahal, DLH sebelumnya berencana menutup tempat pembuangan sementara tersebut, tetapi tidak jadi karena jalan menuju ke lokasi pemindahan sampah dari TPS ke tempat pembuangan akhir sampah di Desa Selagan Jaya belum dibangun sampai sekarang.
“Kita menutup tempat pembuangan sampah apabila jalan menuju lokasi pemindahan sampah di tempat pembuangan akhir sampah di Desa Selagan Jaya selesai dibangun,” katanya.
Namun, katanya, sampai sekarang jalan itu belum dibangun oleh instansi terkait. Karena jalan itu belum dibangun sehingga kendaraan tidak bisa lewat saat musim hujan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =