Drainase Harus Diperbaiki Supaya Air Lancar

Tanahdatar, Sumbar, jurnalsumatra.com – Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari berharap kepada Dinas PUPR dan Pertanahan Kabupaten Tanah Datar agar drainase mendapat perhatian serius kedepan, karena sebahagian besar jalan hancur di berbagai kawasan di Luhak Nan Tuo disebabkan tidak terpelihara dengan baik, bahkan ada yang tidak berfungsi sama sekali.

“Jika drainase atau banda dapat berfungsi dengan baik, air tidak akan melimpah ke jalan raya dan lambat-laaun akan menggerus jalan aspal, sehingga berlobang disana-sini,” kata Nurhamdi Zahari ketika memberikan sudut pandang dalam acara Musrenbang Nagari Sumaniak Kecamatan Salimpaung, Rabu (5/2).

Ia berharap kedepan pembamgunan infrastruktur betupa jalan tidak hanya sebatas mengaspal jalan, tetapi juga dikengkapi dengan pembangunan gorong- gorong atau polongsn serta pembuatan drainase yang mampu menyalurkan air di waktu musim penghujan.

Sementara Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra lebih fokus berharap kepada Kepala Dinas PUPR dan Pertanahan tentang pembangunan saluran irigasi. Di sektor pengairan ini perlu mendapat perhatian serius, karena menyangkut dengan kehidupan orang banyak, terutama para petani yang sepanjang masa membutuhkan air.

Tak ketinggalan dalam kesempatan itu memberikan motivasi kepada peserta Musrenbang Surva Hutri anggota DPRD Tanah Datar dari Fraksi Gerindra yang mengajak warga 3S ( Sumaniak, Situmbuak dan Supayang) untuk kembali membangkitkan kebersamaan membangun nagari, sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Musrenbang ini dibuka dan ditutup oleh Wali Nagari Sumaniak Iramayandi, S.AP dihadiri Ketua Tim Musrenbang Tanah Datar Ermon Revlin, Kepala Dinas PUPR dan Pertanahan Nofi Hendri, sejumlah pejabat eselon III, Camat Salimpaung beserta Forkopinca dan undangan lainnya.(Myt)