Dua Desa Akan Mendapat 50 Unit Jamban

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lahat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Lahat bakal membangun jamban sehat untuk keluarga sederhana  di Desa Sinjar Bulan dan Desa Rindu Hati Kecamatan Gumai Ulu, Kabupaten Lahat.

Setidaknya 50 unit Jamban bakal Dibangun untuk Didua Desa ini. Sedangkan, untuk dana pembangunannya sendiri, bakal dikeluarkan melalui Zakat, Infak, dan Shadaqah (ZIS).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh ketua BAZNAS Kabupaten Lahat H M Nashir Syakni S Ag Kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat dr H Rasyidi Amri MMT.

“Setelah terjadi kesepakatan dengan Dinkes Lahat, melalui dana ZIS dengan total Rp.106.750.000 kita akan gelontorkan untuk pembanguan jamban. Masing – masing untuk Desa Sinjar Bulan  sebanyak 10 unit dan Desa Rindu Hati ada sebanyak 40 unit,”kata H Nashir Sakni, Kamis (12/7/2018).

Setelah dilakukan koordinasi dan komunikasi dengan Dinkes Kabupaten Lahat yang juga mempunyai visi-misi akan lingkungan yang bersih, salah satunya mengajak masyarakat agar tidak BAB sembarangan, maka terjalinlah kerjasama penyaluran bantuan jamban bagi keluarga sederhana ini sebagai bentuk sengkronisasin program Dinkes Lahat.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Dinkes Kabupaten Lahat yang telah menyambut baik kerjas ama penyaluran Dana ZIS pada program unggulan peduli lingkungan BAZNAS Lahat ini,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Lahat menyambut baik silaturahmi dan terjalinya kerja sama antara Dinkes Lahat dan BAZNAS Kabupaten Lahat melalui bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat dalam membantu mewujudkan peningkatan kebersihan pada masyarakat melalui bantuan jamban.

“Yang jelas, bantuan ini akan segera kita kerjakan atau bangunkan dilokasi lokasi yang sudah kita tetapkan. Nah, untuk kepala dan penanggung jawab teknis di lapangan kepala Puskesmas Gumai Ulu untuk mempermudah proses pengejaannya, ” ujarnya dengan tegas. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =