Dua Kapal Salurkan Bantuan Korban Banjir

     Muara Teweh, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengerahkan dua kapal pengangkut untuk menyalurkan bantuan kepada korban banjir di sejumlah desa di pedalaman Sungai Lahei, anak Sungai Barito.
“Pendistribusian bantuan ini di antaranya sembako, tenda, obat-obatan, dan peralatan untuk dapur umum di sejumlah desa yang dilanda banjir akibat meluapnya Sungai Lahei,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Barito Utara M. Iman Topik di Muara Teweh, Sabtu.
Dia menjelaskan penyaluran bantuan ke desa-desa itu merupakan kegiatan cepat tanggap dari pemerintah daerah yang mendapat dukungan dari perusahaan PT Mitra Barito dan seorang pengusaha asal Kecamatan Lahei untuk memberikan bantuan kapal jenis Landing Craft-Tank (LCT).
Bantuan tersebut untuk masyarakat korban banjir di Sungai Lahei, yakni Desa Haragandang, Karendan, Muara Pari, Rahaden, Bengahon, Muara Inu, Juju Baru, Hurung Enep, serta Kelurahan Lahei I dan Kelurahan Lahei II.

     “Selain  distribusi logistik, LCT tersebut akan digunakan sebagai posko banjir, pusat pelayanan kesehatan, tempat evakuasi pengungsian, dapur umum, serta menjadi pusat kendali darurat untuk melakukan koordinasi dan komunikasi,” kata Topik.
Bupati Barito Utara Nadalsyah mengimbau semua elemen masyarakat maupun pelaku usaha di daerah itu untuk memberikan kepedulian dan perhatian terkait dengan banjir yang dihadapi masyarakat.
“Hal ini  sebagai wujud peduli dan partisipasi dalam meringankan beban yang dihadapi oleh warga masyarakat yang terkena banjir,” ujarnya.
Banjir akibat meluapnya Sungai Lahei itu, hingga memasuki hari kelima telah merendam sejumlah desa, sedangkan kawasan banjir makin luas.(anjas)

Leave a Reply