Dua Parpol Lolos Verifikasi Faktual Di Pamekasan

  Pamekasan, jurnalsumatra.com – Partai Garuda dan Partai Berkarya lolos verifikasi faktual di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, sebagai calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.
Menurut anggota KPU Kabupaten Pamekasan Khairil Anwar, pihaknya telah melakukan survei secara langsung ke lapangan mengenai keanggotaan partai, pengurus, dan kesekretariatan partai.
“Hasilnya, kedua partai ini ternyata lengkap sehingga lolos verifikasi faktual,” ujarnya kepada Antara di Pamekasan, Sabtu pagi.
Ia menjelaskan bahwa kedua parpol itu lolos verifikasi faktual di tingkat kabupaten dan hasilnya dikirim ke KPU RI.
“Jadi, status lolos verifikasi faktual Partai Garuda dan Partai Berkarya ini di tingkat kabupaten karena KPU RI yang akan mengumumkan secara nasional,” katanya.
Mantan Pengurus Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) itu mengatakan bahwa verifikasi faktual terhadap dua partai politik ini merupakan kegiatan lanjutan.

   Sebelumnya, KPU Kabupaten Pamekasan juga melakukan verifikasi pada parpol baru yang diumumkan oleh KPU RI lolos persyaratan administrasi, yakni Partai Perindo. Partai ini dinyatakan lolos.
Ia menegaskan bahwa verifikasi faktual ini merupakan prasyarat bagi partai politik untuk menjadi kontestan pemilu, sebagaimana diatur dalam ketentuan undang-undang.
Menurut Divisi Hukum KPU Kabupaten Pamekasan Khairil Anwar, hingga kini sudah ada tiga partai politik calon peserta pemilu yang dilakukan verifikasi faktual.
Ketiga parpol itu masing-masing Partai Perindu, Partai Garuda, dan Partai Berkarya.
“Semuanya, memenuhi syarat dan lolos verifikasi. Kami juga telah melaporkan hasil verifikasi faktual ini ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jatim,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =