Dua Pasangan Cabup Karanganyar Tes Kesehatan

    Solo, jurnalsumatra.com – Sebanyak dua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar mengikuti tes kesehatan di RSUD Dr. Moewardi Solo, Jawa Tengah, Kamis, sebagai salah satu persyarakat dalam pemilihan kepada daerah.
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho di Solo, Kamis, mengatakan kedua pasangan menjalani tes kesehatan atau medical check up (MCU) di RSUD Dr Moewardi Solo pada Kamis pagi hingga sore hari.
Hal itu, ujarnya, dilakukan mereka seperti pemeriksaan cabup dan cawabup dari daerah lainnya. Pemeriksaan kesehatan selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat (19/1).
Sebanyak dua pasangan calon itu, yakni Juliyatmono-Rober Christanto yang diusung delapan partai politik dengan total 39 kursi di DPRD setempat dan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih yang diusung PKS dan Gerinda dengan total 10 kursi di legislatif setempat.
Pada pendaftaran Pilkada Kabupaten Karanganyar, awalnya Juliyatmono-Rober Christanto sebagai pendaftar tunggal, akan tetapi saat-saat terakhir pendaftaran pada Rabu (17/1) sekitar pukul 23.30 WIB, Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih mendaftarkan diri.

     Pemeriksaan kesehatan yang pertama terhadap pasangan Juliyatmono-Rober Christanto dan kemudian terhadap Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih.
Ia menjelaskan tes kesehatan hari pertama meliputi tes narkoba yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi, psikotes, pemeriksaan jantung, mulut, dan mata.
Pada hari kedua, katanya, meliputi cek laboratorium radiologi, neurologi, paru, telinga hidung tenggorokan, dan kejiwaan.
“Kedua pasangan dalam menjalani MCU sesuai dengan tahapan pilkada,” kata Sri Handoko saat mendampingi kedua pasangan itu di RSUD Dr Moewardi Solo.
Ia mengatakan dua pasangan calon tersebut dalam menjalani tes kesehatan tidak bersama waktunya dengan para calon lainnya yang ikut pilkada seretak di Jateng.
“Tetapi mereka prinsipnya tetap sama dan justru akan lebih cepat waktunya,” kata dia.
Ia mengatakan hasil pemeriksaan tes kesehatan terhadap pasangan calon selanjutnya dikirim ke KPU Provinsi Jateng di Semarang.
Setelah dilakukan pengecekan oleh KPU provinsi, hasil tes kesehatan itu akan dikembalikan ke KPU Karanganyar.
“Kami hasilnya akan diumumkan bersamaan dengan persyaratan administrasi pada acara penetapan calon tanggal 12 Februari mendatang,” katanya.(anjas)

Leave a Reply