Dua Tiket Perempat Final Diperebutkan

Jakarta, jurnalsumatra.com – Sebanyak dua tiket menuju babak perempat final bola basket putra Asian Games 2018 diperebutkan dalam rangkaian tiga pertandingan penyisihan grup yang dilangsungkan di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.
Pasalnya, pertandingan pertama yang dijadwalkan diawali lemparan pemula pada pukul 10.00 WIB antara Suriah kontra Iran di Grup B, praktis hanya memperebutkan posisi pertama dan kedua di grup yang berisi kedua tim, lantaran Uni Emirat Arab mundur dari bola basket putra beberapa hari jelang kompetisi dimulai.
Kedua tim sudah bisa dipastikan lolos ke perempat final, hanya menentukan jalur mereka di babak tersebut. Jawara Grup B akan berhadapan dengan runner-up Grup C, sebaliknya runner-up Grup B bakal bertemu jawara Grup C.
Wakil Grup C akan ditentukan hasil pertandingan antara Qatar melawan Chinese Taipei yang dijadwalkan dimulai pukul 16.00 WIB.
Di Grup C, Jepang sudah pasti lolos namun menunggu posisi serta pendampingnya, dari hasil laga tersebut. Jepang, Taipei dan Qatar, saat ini secara berurutan menempati peringkat 1-3 grup tersebut dengan raihan poin masing-masing 5, 4 dan 3.

Skenario yang tersedia adalah, Taipei akan lolos sebagai juara grup didampingi Jepang sebagai runner-up jika berhasil mengalahkan Qatar dengan selisih skor berapa saja.
Kemudian skenario berikutnya, Jepang lolos sebagai juara grup didampingi Qatar, jika Qatar berhasil mengalahkan Taipei dengan selisih skor sembilan poin atau lebih.
Jika Qatar hanya bisa menang atas Taipei dengan selisih skor delapan poin atau kurang, maka yang terjadi adalah skenario ketiga, yakni Jepang lolos sebagai juara grup didampingi Taipei.
Pertandingan pamungkas penyisihan grup akan menyajikan laga antara Mongolia menghadapi Indonesia di Grup C, mulai pukul 18.30 WIB.
Kemenangan atas Mongolia praktis akan membuat Indonesia lolos ke perempat final, namun sebaliknya bagi Mongolia ada syarat lebih.
Mongolia butuh kemenangan dengan selisih skor tujuh poin atau lebih atas Indonesia untuk bisa lolos ke perempat final mendampingi Korea Selatan selaku jawara Grup A.
Jika Mongolia hanya menang dengan selisih enam poin atas Indonesia, maka Indonesia yang akan lolos karena meski raihan poin gim mereka sama-sama 4 poin –setara juga dengan Thailand–, namun Indonesia unggul dari selisih skor total head-to-head surplus enam dibanding surplus lima.

Berikut jadwal pertandingan bola basket putra Asian Games 2018 yang berlangsung Jumat.

  10.00 WIB (Grup B) Suriah vs Iran

  16.00 WIB (Grup C) Qatar vs Chinese Taipei

  18.30 WIB (Grup A) Mongolia vs Indonesia (G006).(anjas)

Leave a Reply