Dubes Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Sudan

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Duta besar RI untuk Sudan Rossalis Rusman Adenan telah menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Sudan Omar Hassan Ahmad Al Bashir di Istana Alqasr Elgamharry Khartoum pada Senin (14/5).
Keterangan dari KBRI Khartoum yang diterima Antara di Jakarta, Kamis menyebutkan, dalam acara tersebut, Dubes RI didampingi oleh istri dan pejabat di lingkungan KBRI Khartoum.
Sedangkan pejabat tinggi Sudan yang hadir antara lain Menteri Sekretaris Negara Fadul Abdalla dan Sekjen Kementerian Luar Negeri Sudan Abdul Ghani Al-Naeem.
Sebelum menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Sudan, Dubes RI yang didampingi oleh Kepala Protokol Negara Sudan dan Ajudan Presiden Sudan menerima penghormatan dan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara yang dilanjutkan dengan memeriksa Pasukan Jajar Kehormatan Istana Presiden.
Kemudian memasuki ruangan tunggu dan diperkenalkan kepada para pejabat tinggi Kemlu serta pejabat tinggi Istana Presiden Sudan.

Setelah menunggu beberapa saat, Dubes Rossalis Rusman Adenan dan para pendamping menuju ke ruangan Kepresidenan untuk menyerahkan langsung surat kepercayaan kepada Presiden Sudan yang dilanjutkan dengan pembicaraan singkat antara Dubes RI dengan Presiden Sudan.
Acara penyerahan surat-surat kepercayaan Dubes RI Khartoum kepada Presiden Sudan berjalan hikmat dan lancar. Pemberian kesempatan kepada Dubes RI sebagai dubes pertama yang menyerahkan surat kepercayaan  kepada Presiden Sudan sebelum dubes negara sahabat lainnya merupakan penghormatan pemerintah Sudan kepada Indonesia sebagai cermin kedekatan hubungan kedua negara.
Untuk menindaklanjuti hasil pembicaraan antara Dubes RI dengan Presiden Sudan, KBRI Khartoum akan mendorong dilaksanakannya Pertemuan Konsultasi Bilateral Sudan-Indonesia tingkat wakil menteri luar negeri yang sudah tertunda sejak tiga tahun terakhir.
Selain itu, terkait dengan upaya mendorong kerja sama ekonomi dan perdagangan kedua negara, KBRI Khartoum juga akan berupaya segera merealisasikan rencana pembentukan Indonesia-Sudan Business Forum (ISBF) yang peresmian pendiriannya diharapkan akan dapat dilakukan pada saat penyelenggaraan Pertemuan Konsultasi Bilateral mendatang.(anjas)

Leave a Reply