Dubes Target Penerbangan Langsung Indonesia-India

Jakarta, jurnalsumatra.com – Duta Besar Republik Indonesia untuk India Sidharto Suryodipuro menargetkan kembali dibukanya penerbangan langsung maskapai Indonesia ke India dan konektivitas maritim kedua negara dalam pengiriman logistik.
Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu, Sidharto mengatakan Indonesia dan India memiliki sejarah yang berkaitan dan kemiripan dalam hal budaya yang bisa dilanjutkan menjadi berbagai kerja sama.
“Kita punya momentum sejarah yang kuat, yang dapat dijadikan landasan kerja sama yang kuat di masa depan. Peningkatan konektivitas seyogyanya menjadi keharusan dan ambisi bersama, sudah ada beberapa maskapai Indonesia yang masuk pasar India, namun kita masih perlu direct flight sebagai booster peningkatan people to people contacts,” kata Arto (sapaan akrab Sidharto dalam sambutannya di acara Festival Kuliner Khas Bali di Bubhaneswar India.
Beragam kuliner khas Pulau Dewata Bali disajikan sebagai pembuka festival tahunan di Kota Bhubaneswar Ibu Kota Negara Bagian Odisha India yaitu Bali Yatra.
Arto mengatakan pemerintah Indonesia akan mengadakan festival kuliner Indonesia di Bali yang lebih besar lagi dibanding tahun 2018.
“Menggali kesamaan cita rasa warisan leluhur perlu senantiasa dilakukan untuk membangun pemahaman lintas budaya dan kultur masyarakat yang sama-sama majemuk. Untuk itu, tahun depan kami akan hadir dengan skala festival yang lebih besar lagi,” kata dia.
Dubes Arto juga menyinggung perihal konektivitas maritim antara Indonesia-India yang belum terbangun dan sangat berpotensi untuk dilakukan kerja sama.

“Bahwa saat ini Indonesia-India masih pada posisi zero direct shipping, dan ini menjadi target berikutnya bersama para pengusaha dan shipping community untuk dapat melihat berbagai potensi yang tersedia. KBRI New Delhi senantiasa siap mendukung upaya-upaya peningkatan konektivitas antar kedua bangsa,” kata Dubes RI untuk India.
Festival Kuliner Khas Bali 2018 adalah manifes dari gastrodiplomasi Indonesia yang bertujuan membangun pemahaman pubik India bahwa cita rasa kuliner nusantara khususnya Bali memiliki kemiripan dengan India.
Kemiripan tersebut merupakan hasil interaksi budaya kedua negara sejak zaman leluhur. Interaksi tersebut memperkaya khazanah cita rasa kuliner yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia saat ini.
Tujuannta wisatawan India yang ingin berlibur ke Indonesia tak perlu lagi khawatir untuk mencari makanan yang sesuai dengan lidah orang-orang, karena ragam kuliner Indonesia dijamin tidak kalah lezatnya dengan menu makanan India.(anjas)

Leave a Reply