Dusun Pulau Bawean Mulai Dipasok Jaringan Listrik

Surabaya, jurnalsumatra.com – Sejumlah dusun di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur mulai mendapat pasokan listrik dari PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, dalam program 600 ribu sambungan listrik di wilayah Jatim.
Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa TimurĀ  Pinto Raharjo di Surabaya, Rabu mengatakan, peresmian sambungan listrik ke beberapa dusun di Pulau Bawean dilakukan dalam pekan ini, sehingga operasional listrik bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat.
Pinto mengatakan, pihak PLN Jatim kini sedang berkomunikasi dengan Balai Konservatif Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk mengurus segala keperluan perizinan yang diperlukan untuk memasang infrastruktur PLN di pulau tersebut.
“Ada beberapa letak dusun yang berada dalam wilayah teritorial BKSDA, sehingga harus mengurus izin membangun infratruktur dan instalasi listrik di Pulau Bawean,” tuturnya.
Pinto berharap dengan masuknya jaringan listrik dari PLN, masyarakat dapat menikmati keberadaan sambungan listrik, sekaligus meningkatkan perekonomian warga setempat.
Sebelumnya, PLN Jatim juga menargetkan menerangi Pulau Gili Iyang, Madura pada November 2017, karena hingga kini pulau yang dihuni oleh 600 kepala keluarga itu masih belum tersentuh jaringan listrik PLN.
Manajer Komunikasi Hukum dan Adminitrasi PLN Distribusi Jatim Wisnu Yulianto mengatakan listrik yang ada di pulau itu selama hanya berasal dari beberapa pembangkit diesel berkapasitas kecil milik swasta.
Dengan masuknya listrik ke beberapa pulau di Madura, tingkat elektrifikasinya daerah setempat dapat meningkat, dari saat ini yang masih sekitar 53,85 persen.(anjas)

Leave a Reply