Embarksi Palembang Berangkatkan 8.545 Jamaah Calon Haji

Palembang, jurnalsumatra.com – Embarkasi Palembang pada musim haji 2019 ini memberangkatkan 8.545 jamaah calon haji yang berasal dari Sumatera Selatan ditambah jamaah Bangka Belitung.

Jamaah calon haji itu terdiri dari 7.195 orang dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel dan selebihnya dari Bangka Belitung, kata Humas PPIH Embarkasi Palembang H Saefudin di Palembang, Senin.

Jamaah calon haji Sumsel dan Bangka Belitung itu dibagi dalam 19 kelompok terbang yang pemberangkatannya dilaksanakan secara bertahap.

Untuk kloter pertama sudah diberangkatkan dan dilepas Gubernur Sumsel Herman Deru pada Minggu (7/8) dan kedua akan diberangkatkan hari Senin.

Kloter pertama itu jamaah calon haji dari Ogan Komering Ulu Timur dan kedua dari Kabupaten Musirawas ditambah Palembang.

Semua jamaah calon haji yang akan berangkat tersebut harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan dokumen termasuk kesehatan.

Mengenai pemberangkatan sendiri dibagi dalam dua gelombang yakni pertama menuju Madina, sementara kedua langsung ke Mekkah.

Sementara mengenai penerbangan sendiri, untuk Sumsel menggunakan pesawat Saudia Arabian, dan embarkasi lainnya di Indonesia ada pesawat garuda.

Sebelumnya Gubernur Sumsel berpesan agar jamaah calon haji daerah itu untuk selalu menjaga kesehatan supaya dapat beribadah secara khusuk.

Apalagi dalam menunaikan rukun Islam kelima membutuhkan fisik yang prima sehingga kesehatan harus selalu dijaga.

Ikuti petunjuk dan bimbingan petugas haji supaya dalam melaksanakan ibadah tersebut berjalan lancar sekaligus nantinya dapat menjadi haji mabrur, tambah dia. (anjas)