Empat Rekor Baru Tercipta Dalam Final Terakhir

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Empat rekor baru cabang renang Asian Games tercipta pada final hari terakhir yang diadakan di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Jumat malam.
Rikako Ikee dari Jepang memecahkan rekor baru 24,53 detik untuk nomor 50 meter gaya bebas putri yang sebelumnya dipegang oleh perenang China Chen Xinyi.
Atlet 18 tahun itu bahkan mengalahkan Liu Xiang, unggulan China yang menciptakan rekor dunia baru nomor 50 meter gaya punggung putri dengan catatan waktu 26,98 detik dalam final Asian Games, Selasa (21/8).
Dengan capaian tersebut, Ikee mempersembahkan medali emas keenamnya untuk Jepang, setelah sebelumnya mengoleksi tiga emas untuk nomor 50 meter gaya bebas putri, 50 meter gaya kupu-kupu putri, dan 100 meter gaya kupu-kupu putri.
Selanjutnya dua emas untuk nomor 4×100 meter gaya bebas estafet putri dan 4×100 meter gaya ganti estafet putri.

Rekor baru lainnya dicatatkan oleh perenang China Wang Jianjiahe untuk nomor 400 meter gaya bebas putri.    Wang menjadi perenang tercepat dalam final dengan torehan waktu empat menit 03,18 detik.
Sedangkan Kim Seoyeong dari Korea Selatan ikut membuat rekor baru nomor 200 meter gaya ganti perorangan putri dengan waktu dua menit 08,34 detik.
Kim mengalahkan rekor dua menit 08,94 detik yang diciptakan oleh atlet China Ye Shiwen dalam Asian Games 2014 Incheon.    Rekor terakhir dalam final malam ini disajikan oleh kuartet putra China untuk nomor 4×100 meter gaya ganti estafet.
Xu Jiayu, Yan Zibei, Li Zhuhao, dan Yu Hexin menggungguli pesaing berat dari Jepang dan Kazakhstan dengan catatan waktu tiga menit 29,99 detik.
Tim perenang putra ini berhasil mengalahkan rekor sebelumnya tiga menit 31,37 detik yang dibuat oleh sesama rekan China mereka dalam Asian Games 2014 Incheon.
Medali emas terakhir mengukuhkan posisi China sebagai negara terkuat untuk cabang renang dengan perolehan total 19 medali emas, 17 perak, dan 14 perunggu.    Jepang menyusul kemudian dengan 19 medali emas, 20 perak, dan 13 perunggu.(anjas)

Leave a Reply