Empat Terdakwa Narkotika Terancam Hukuman Mati

Palembang, jurnalsumatra.com – Terdakwa I RANDI ARFAN (28) bersama sama dengan Terdakwa SUHERMAN II (32) dan Terdakwa III JULIAN, Terdakwa IV ADIANSNYAH (34) (Berkas terpisah) pada tanggal (09/08/2019)  sekira pukul 14.30 Wib bertempat di Jalan Palembang-Betung tepatnya didepan  Polsek Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, melakukan percobaan atau permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana, menyerahkan Narkotika 4 bungkus dengan berat keseluruhnya 5.957.13.

Berawal dari Satuan Narkoba Polda Sumsel mendapatkan informasin dari masyarakat bahwa ada seseorang sering mengantarkan shabu shabu dan Pil Eksetasy dari Kota Pekanbaru ke Kota Palembang, kemudian melakukan Penyelidikan dan didapatkan informasi kalau Terdakwa I dan Terdakwa II sedang diperjalanan menuju kota Palembang dengan membawa Narkotika jenis shabu dan Pil Ektasy dengan Jumalah besar.

Lalu pada Tanggal (09/08/2019) pukul 14.00 Wib Tim Narkoba Polda Sumsel menunggu Terdakwa I dan Terdakwa II di Jalan Palembang-Betung tepatnya didepanĀ  Polsek Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Terdakwa I dan II melintas didepan Polsek Talang Kelapan dengan menggunakan Kawasaki Ninja warna merah dengan Nomor Polisi BM 2536 AX yang dibawa oleh Terdakwa I sedangkan Terdakwa II dibelakang, lalu memberhentikan sepeda motor yang dikendarai tersebut.

Kemudian melakukan penggeledahan terhadap Terdakwa I dan Terdakwa II, lalu pada saat penggeledahan 1 buah tas Randel warna coklat milik Terdakwa I yang dipegang oleh Terdakwa II ditemukan 4 paket besar narkotika jenis shabu 3839,79 gram dan 5 paket besar narkotika jenis pil ecstasy berisikan 5000 butir warna kuning dengan berat 2117,34 gram.

Kemudian ditanyakan kepada Terdakwa I dan Terdakwa II Kemilikan siapa shabu dan Pil ecstasy tersebut dijawab oleh Terdakwa “milik Pak De (DPO)”, yang mana Terdakwa I mendapat upah untuk mengantarkan shabu tersebut sebesar Rp50.000.000,- sedangkan Terdakwa II sebesar Rp20.000.000,-,

Kemudian Narkotika tersebut akan dihantar ke palembang yang akan diterima oleh Terdakwa III kemudian Tim Narkoba Polda Sumsel membawa para  Terdakwa ke Palembang untuk diserahkan kepada Terdakwa III. Lalu sesampai di Palembang Terdakwa II menelpon memberitahukan kesapaian Mereka kemudian langsung menyerahkan tas ransel tersebut kepada Terdakwa III, yang isinya shabu dan Pil ecstasy, lalu setelah Terdakwa II menyerahkan tas ransel tersebut. Terdakwa III ditangkap.

Kemudian menanyakan kepada Terdakwa mau dibawa kemana shabu shabu dan Pil ecstasy tersebut dan dijawab oleh Terdakwa III hendak di berikan kepada Terdakwa IV di Jalan Depaten Lama Lorong H. Husin No.133 Rt 004 Rw.001 Kelurahan 27 Ilir Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan dincam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) dan pasal 112 ayat (2) Undang undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 132 ayat (1) UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang acaman hukumanya MATI.

Di dalam dakwaan JPU dipisah menjadi 3 berkas perkara. Terdakwa I dan II satu berkas dan disidangkan oleh Jaksa Demelita SH, Terdakwa III disidangkan oleh Misrianty SH, sedangkan Terdakwa IV oleh JPU Aantomo SH. Berkas perkara sementara diperiksa (28/11/2019) oleh Majelis Hakim Abu Hanifah SH MH.(hen)